BUMDes Padangmanis Bisa Jadi Contoh

img
Kepala Desa Padangmanis Hendri Kurniawan (kanan) di lokasi peternakan ayam petelur yang dikelola BUMDes setempat.

Harianmomentum--Upaya masyarakat dan aparatur Desa Padangmanis, Kecamatan Waylima, Kabupaten Pesawara dalam  mengatasi masalah sampah, patut dijadikan contoh. Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),  masyarakat setempat mengelola sampah untuk didaur ulang menjadi berbagai macam produk bernilai ekonomi.

Kepala Desa Padangmanis Hendri Kurniawan mengatakan program daur ulang sampah yang dikelola BUMDes setempat diawali dengan pembentukan Bank Sampah.

 

“Sampah-sampah kita kumpulkan melalui Bank Sampah. Kemudian dipisahkan antara sampah organik dan non organik. Sampah organik selanjutnya didaur ulang, salah satunya menjadi pupuk kompos. Sedangkan sampah non organis, seperti plastok dan besi tua dijual kepada pengepul,“  kata Hendri pada harianmomentum.com, Selasa (16/5).

         

Dia menerangkan, sitem pengumpulan sampah melalui Bank Sampah itu dilakukan dengan menempatkan kantung-kantung sampah disetiap rumah penduduk. 

 

“Setiap Ketua RT mengkoordinir penempatan kantung sampah di tiap rumah warga. Selanjutnya, setiap hari ada petugas yang mengambil sampah tersebut, untuk dibawa ke bank sampah,” terangnya.

 

Hendri melajutkan, selain bank sampah, BUMDes desa setempat juga mengelola dua jeni usaha lain: Peternakan ayam petelur dan budidaya ikan Lele. 

“Seluruh hasil usaha yang dikelola BUMDes itu menjadi sumber pendapata desa yang akan digunakan sebagai dana pembangunan. Jadi selain dari anggaran dana desa, kita juga mendapatkan dana pembangunan dari hasil usaha BUMDes,“ jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini pengelolaan BUMDes dilakukan 12 orang yang berasal dari unsur aparatur desa, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda setempat. 

 

“Seluruh personel yang mengelola BUMDes ini sudah mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari Pemkab Pesawaran,“ ungkapnya.

Dia berharap, pengelolaan usaha BUMDes tersebut dapat berjalan lancar untuk menopang program pembangunan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (niz)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos