60 Pekon Siap Gelar Pemilihan Peratin

img
Kasi Pemberdayaan Aparatur Pemerintahan Pekon, Dinas PMD Lambar, Juwarsyah. Foto: Lemy

Harianmomentum--Sebanyak 60 dari 131 pekon (Desa) yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang akan mengikuti pemilihan peratin (Kepala Desa) serentak tahun 2017 pada 30 Oktober mendatang telah siap.

Seluruh tahapan guna penyelenggaraan pilperatin telah dilaksanakan masing-masing panitia penyelenggara di 60 pekon tersebut.

Kasi Pemberdayaan Aparatur Pemerintahan Pekon, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMD) Lambar, Juwarsyah saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (4/9) mengatakan, bahwa sanya pihaknya kini hanya menunggu berkas dari panitia penyelenggara di 60 pekon yang mengikuti pilperatin serentak tahun 2017.

Meski, ke 60 pekon yang mengikuti pilperatin telah melakukan tahapan pendaftatan dan penetapan calon peratin dimasing-masing pekonnya, namun hingga kini belum ada satupun panitia penyelenggara dari pekon menyerahkan berkas calon peratin.

"Tahapan penetapan colon peratin telah dilaksanakan masing-masing pekon pada tanggal 3 kemarin. Tapi, sampai saat ini belum ada yang setor berkas. Jadi kami belum tahu datanya," katanya.

Dikatakan Juwarsyah, proses pendaftaran sampai dengan penetapan calon dimasing-masing pekon berjalan dengan lancar. Meski sebelumnya ada 2 pekon yang jumlah calon melebihi kuota yang ditetapkan sesuai Perda No 4 tahun 2015 tentang pilperatin. Dimana pekon hanya diperbolehkan melakukan penyelenggaraan pilperatin dengan minimal calon 2 dan maksimal 5 calon.

Yakni, di Pekon Suka Raja, Kecamatan Way Tenong dan Pekon Kota Besi, Kecamatan Batubrak. Masing-masing pekon sebelumnya terdapat 6 calon yang mendaftar.

"Untuk di Pekon Kota Besi dengan musawarah bersama akhirnya satu calon setuju mengundurkan diri dari Pilperatin. Namun, berbeda dengan Pekon Suka Raja, dimana ke 6 calon ingin melanjutkan pencalonan dengan melakukan tes tertulis yang diberikan pihak panitia penyelenggara dan 1 orang dinyatakan gugur saat tes," jelasnya.  (lem)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos