Daftar Tunggu CJH Metro Berkurang jadi 13 Tahun

img
Ilustrasi: Net

Harianmomentum--Daftar tunggu calon jemaah haji (CJH) Kota Metro mencapai 13 tahun. Itu artinya, jika mendaftar haji tahun 2017 ini, jemaah akan berangkat ke tanah suci pada tahun 2031. 


Mewakili Kepala Kemenag Kota Metro Djohan Yusuf, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Muhlisin menjelaskan, sebelumnya daftar tunggu haji Kota Metro sampai 2035.


Namun, karena adanya penambahan kuota haji secara nasional maka jangka waktu daftar tunggu CJH Metro berkurang. 


"Karena antusiasme warga untuk berhaji sangat tinggi. Karena ada penambahan jadi berkurang. Sebelumnya sampai 2035 tapi sekarang 2030," jelasnya, Rabu (13/9). 


Ia mengungkapkan, kuota haji tahun ini sudah normal kembali. Pasalnya, sebelumnya kuota haji Kota Metro mendapat potongan 20 persen tetapi tahun ini sudah normal kembali. 


"Karena sejak tahun 2013 kita masih ada pemotongan 20 persen. Tapi sekarang karena ada penambahan kuota jadi jumlahnya normal kembali," ungkapnya. 


Pada tahun 2017 ini, jemaah haji asal Kota Metro mencapai 428 jemaah dengan terbagi menjadi dua kloter. Sedangkan tahun 2016, jemaah yang berangkat ke tanah suci berjumlah 357 yang terbagi menjadi tiga kloter. 


"Biasanya nanti berapa jumlah keberangkatan bisa diketahui dari pelunasan," paparnya. 


Ia mengimbau, bagi masyarakat yang hendak mendaftar haji bisa langsung ke kantor Kemenag. Pasalnya, jika mendaftar melalui Kelompok Bimbingan Haji Indonesia (KBIH) prosesnya pun kembali lagi ke Kemenag. 


"Jadi kalau mau mendaftar ya langsung ke sini saja. Supaya tahu prosesnya seperti apa. Biayanya Rp. 34 juta. Setoran awal Rp. 25 juta, nanti sisanya di pelunasan. Itu bayarnya sudah melalui bank," pungkasnya.(pie)


Leave a Comment