Bupati Lamsel Lepas Pawai Taaruf HSN

img
Bupati Lamsel Zainudin Hasan menyampaikan sambutan sebelum melepas Pawai Taaruf HSN.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) menggelar Pawai Taaruf untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2017. Pawai yang dimulai dari Lapangan Cipta Karya, Kalianda itu dilepas langsung Bupati Lamsel Zainudin Hasan, Minggu (22/10).    

 

"Atas nama pribadi dan Pemkab Lampung Selatan, saya sangat mendukung sekali adanya peringatan Hari Santri  Nasional,“ kata Zainudin saat menyampaikan sambutan sebelum melepas Pawai Taaruf terebut.

 

Menurut dia, peringatan HSN bertujuan mengingatkan generasi penerus bangsa  terhadap peran para santri dan pondok pesantren (ponpes) dalam membantu merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia  dari kungkungan penjajah. 

 

“Santri dan ponpes punya peran besar membantu bangsa Idonesia mencapai kemerdekaan,” terangnya.

 

Bupati berharap, melalui peringatan HSN dpat  kembali menggugah semangat para santri di masa kini untuk berperan aktif dalam pembangun mencapai cita-cita kemerdekaan, mewujudkan masyarakat adil makmur sejahtera berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

  

Ketua Pengurus Cabang (PC) Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Lamsel H. Nur Mahfudz dalam sambutanhya,  menjelaskan dasar dilaksanakannya peringatan HSN.

 

 “Pada tanggal 22 Oktober 1945 Kyai Haji  Hasyim Asy’ari mengeluarkan fatwa resolusi jihad kepada seluruh santri pondok pesantren untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari agresi militer Belanda. Ini salah satu yang menjadi dasar ditetapkannya peringatan Hari Santri Nasional,” jelasnya. (bob)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos