Museum Sangiran Pameran Fosil Purba di MBK

img
Fosil hewan dan manusia purba yang dipamerkan yang digelar di Mal Boemi Kedaton. Foto ist.

Harianmomentum.com--Selama lima hari mulai 22-26 November, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, mengadakan pameran 5 Kota Di pulau Sumatera. Untuk di Lampung Pameran Museum Manusia Purba Sangiran, berlangsung di Mal Boemi Kedaton (MBK), Bandarlampung, pada 22-26 November 2017.

 

Kasi pengembangan balai kelestarian itus mansia purba sangiran, Muhammad Taufik, saat memberikan sambutannya dalam pembukaan pameran terswbut mengatakan, Situs Sangiran adalah salah satu situs prasejarah yang penting di lndonesia. Potensi Situssangiran akan tinggalan masa lalu terendapkan dalam tanah berusia jutaan tahun silam.

 

Bukti-bukti kehidupan masa lalu dari masa 2,4 juta tahun hingga 250.000 tahun ditemukan dalam kuantitas dan kualitas yang prima. Bahkan dunia pun mengakui potensi situs Sangiran sebagai salah satu warisan Dunia yang penting.

 

United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (Unesco) menilai bahwa Sangiran adalah salah satu situs kunci untuk pemahaman evolusi manusia.

Dengan temuan sekitar 80 individu sisa manusia purba jenis Homo erectus, situs Sangiran menyumbang 50% populasi temuan Homo erectus dunia.

 

Artefak sebagai budaya manusia telah menjadi bukti kecerdasan manusia purba dalam memanfaatakan alam.

 

Semua temuan tersebut, juga fosilfosil fauna ditemukan dalam setiap lapisan tanah yang merekam setiap perubahan lingkungan yang pernah terjadi di Sangiran Outstanding Universal Value atau nilai penting yang bersifat universal dan unik ini tidak ditemukan di situs-situs prasejarah dunia lainnya.

 

Road Show Sangiran, Pameran 5 Kota Sumatera adalah salah satu program untuk penyebarluasan informasi nilai penting Situs Sangiran dan juga informasi beberapa situs sejenis lainnya di Indonesia.

 

Menyajikan koleksi replika temuan manusia purba jenis Homo erectus dari Situs Sangiran dan beberapa situs lainnya, koleksi berbagai temuan artefak, dan fosil-fosil fauna.

 

Road Show tersebut hadir di 5 kota besar di Sumatera, yaitu Medan (18-22 oktober 2017), Pekanbaru (1-5 November 2017) Jambi (8-12 November 2017), Palembang (15-19 November 2017), dan Bandar Lampung (22-26 November 2017).

 

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung, Mastita, saat hadir sekaligus membuka acara pameran mengatakan, dengan diadakannya road show museum Sangiran ini, Diharapkan bisa menambah ilmu para siswa, khususnya di bidang pengetahuan sejarah.

 

” Pameran manusia purbakala ini untuk pembelajaran anak-anak sangat bagus, nanti anak Saya juga akan saya ajak kesini” ujarnya. (ica)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos