PNM Lampung Sosialisasikan Perizinan Pelaku UMKM

img
Pelatihan nasabah ULaMM PT PNM Cabang Lampung tentang sosialisasi perizinan bagi pelaku usaha./ist

Harianmomentum.com--PT Permodalan Nasional Madani (PNP) Cabang Lampung memberikan pelatihan terkait perizinan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah setempat.

Kegiatan bertajuk “Sosialisasi Perizinan Bagi pelaku UMKM” bertempat Rumah Makan Yangti Bandarjaya Kabupaten Lampung Tengah, Rabu (8/8).

Kepala PT PNM Cabang Lampung Deden Yoga Nugraha mengatakan, pelatihan itu bertujuan untuk membentuk UMKM yang profesional dan patuh terhadap ketentuan.

Pelatihan itu dihadiri oleh 36 peserta yang merupakan nasabah pemilik usaha (home industry), jasa dan perdagangan atau calon nasabah yang dipilih dari ULaMM dan Mekaar Bandarjaya.

Persaingan usaha bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia khususnya di Lampung cukup pesat dan tidak dapat dihindari dari perjalanan bisnis tersebut.

Ia menyebutkan, pemberdayaan usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi dalam dimensi pembangunan nasional yang berlandaskan sistem ekonomi kerakyatan, tidak hanya ditujukan untuk mengurangi masalah kesenjangan antar golongan dan antar pelaku usaha ataupun penyerapan tenaga kerja.

Lebih dari itu, Deden mengatakan, pengembangan UMKM juga harus mampu memperluas basis ekonomi dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempercepat perubahan struktural, yaitu dengan meningkatnya perekonomian daerah dan ketahanan ekonomi nasional.

Dengan diadakannya program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) tersebut diharapkan dapat meningkatkan usaha nasabah dan meningkatkan portofolio ULaMM Cabang Lampung serta menjaga silahturahmi melalui promosi mengenai ULaMM di acara tersebut.

Wilayah Lampung mayoritas penduduknya mempunyai usaha mikro dan masih kurangnya pengetahuan tentang proses perizinan. Dari permasalahann yang dihadapi tersebut, diharapkan para pengusaha khususnya nasabah ULaMM bisa memahami prosedur proses perizinan di wilayah Lampung.

Banyaknya pelaku usaha yang belum memahami tentang macam-macam jenis perizinan usaha dan cara pembuatannya, sehingga kami berinisiatif untuk melakukan pelatihan pengembangan usaha kali ini dengan tema “Perizinan Usaha”.

Tujuan dilakukannya pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan bagi nasabah Ulamm tentang proses Perizinan. Serta terbentuknya UMKM yang profesional dan patuh terhadap ketentuan pemerintah terkait perizinan.

Dengan sosialisi yang di dapat dari pelatihan ini diharapkan nasabah mampu memahami prosedur proses perizinan dalam membuka usaha khususnya di wilayah Lampung selain itu pelatihan ini dapat di jadikan ajang Silaturahmi dan Menjalin komunikasi serta hubungan baik antara nasabah dengan karyawan ULaMM dan sesama nasabah ULaMM. 

Pada pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Perwakilan Dinas. Melalui fasilitasi dan Proses Perizinan Bagi pelaku UMKM merupakan salah satu realisasi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang diperuntukan bagi UMKM. PNM tidak hanya memberikan pembiayaan usaha, namun juga disertai dengan pendampingan dan jasa manajemen.

Diketahui, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). 

Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaga pembiayaan lainnya.

Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.

Saat ini PNM memiliki 2.464 kantor layanan, yang terdiri dari 64 kantor cabang PNM, 630 kantor layanan ULaMM dan 1.770 kantor cabang Mekaar.(red)



Leave a Comment