Pemkot Periksa Kesehatan Hewan Kurban

img
Pemeriksaan hewan kurban di Kota Bandarlampung. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Satu pekan menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Kota Bandarlampung pada Rabu (15/8/18), mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di sejumlah tempat penjualan ternak.

Kepala Dinas Pertanian kota Bandarlampung Agustini mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan guna memastikan kesehatan hewan yang akan dikurbankan saat Idul Adha pekan depan.

Menurut Agustini, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan di berbagai tempat penjualan hewan kurban yang ada di Bandarlampung hingga hari kedua setelah Idul Adha mendatang.

"Kami akan terus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di berbagai tempat, baik di pedagang hewan kurban, di rumah pemotongan hewan, maupun di masjid, guna memastikan kesehatan hewan," ujar Agustini usai melakukan pemeriksaan di pedagang hewan kurban yang terletak di Jalan Rasuna Said.

Agustini menegaskan, Dinas Pertanian akan terus bersinergi dan menyiapkan tenaga medis dari provinsi dan dokter hewan se-Provinsi Lampung.

Selanjutnya dia menjelaskan kriteria hewan ternak yang sehat dan layak untuk dikurbankan. Yaitu, hewan tersebut berusia minimal satu tahun untuk kambing dan dua tahun untuk sapi dengan ditandai sudah lepas gigi, tidak cacat, hewan masih aktif, serta mata bersih dan cerah.

Berdasarkan pantauan Harian momentum, dalam pemeriksaan kesehatan hewan tersebut, Dinas Pertanian kota Bandarlampung menerjunkan sekitar 20 personil yang dibantu dokter hewan se-Lampung.

Hasil sidak tersebut, tidak ditemukan adanya hewan kurban yang sakit ataupun cacat. Selanjutnya Dinas Pertanian kota Bandarlampung menempelkan stiker di lapak penjualan hewan tersebut sebagai penanda bahwa hewan yang dijual layak dan sehat. (ira).







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos