Itera Kirim Mahasiswa Ikuti Pimnas 2018

img
Ilustrasi. PKM Pengabdian Masyarakat, Maskot Pimnas ke 31 tahun 2018./ist

Harianmomentum.com--Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengirim tiga mahasiswa untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 tahun 2018 di Yogyakarta.

"Ketiganya akan mengikuti Pimnas ke 31 pada 28 Agustus hingga 2 September mendatang," kata Humas Itera, Rizki Elinda Sary, kepada harianmomentum.com, Rabu (15/8).

Menurut dia, ketiga mahasiswa itu Dedy Pratama (Teknik Geologi 2016), Sandi Maulana (Teknik Geologi 2016) dan Wita Novia Ekysta (Fisika 2016). 

Karya ketiganya yang tertuang dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) berjudul “Analisa Sub-Surface Lithology dengan Metode Resistivitas Geolistrik pada Kawasan Manifestasi Geothermal di Waypanas Tanggamus Lampung” berhasil lolos seleksi dan membawa mereka ke Pimnas 2018.

Keberhasilan mahasiswa tidak lepas dari bimbingan Danni Gathot Harbowo, dosen Teknik Geologi Itera, kelompok ini melakukan penelitian pada sumber air panas di Desa Waypanas, Wonosobo, Tanggamus.

Ketiganya melakukan survei lapangan pada April 2018 dan melakukan pengambilan data resistivitas geolistrik pada pertengahan Juli 2018.

Semua kegiatan penelitian ditulis dalam laporan kemajuan PKM yang kemudian dipresentasikan dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Eksternal PKM bersama perwakilan dari Kemenristekdikti di Unila pada 19 Juli 2018.

Diketahui, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 akan diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 28 Agustus--2 September 2018.

Pimnas merupakan tolak ukur dari prestasi penalaran dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Setiap Perguruan Tinggi terus berupaya agar meraih prestasi tinggi dalam Pimnas, tidak terkecuali UNY.

UNY juga terus ingin berkontribusi untuk pelaksanaan PKM dan Pimnas yang lebih baik. Dalam rangka itu pula UNY berkeinginan dan siap untuk menjadi tuan rumah Pimnas 31 tahun 2018.

Selama perjalanan PIMNAS, UNY selalu mengambil peranan aktif dalam setiap kegiatan, dan selalu berupaya untuk berkontribusi demi perbaikan dan penyempurnaan kegiatan Pimnas. UNY terus berupaya meningkatan kontribusinya untuk mewujudkan PIMNAS yang kompetitif, kreatif, inovatif dan solutif, dengan tetap mengedepankan semangat kebersamaan dan persatuan.(awn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos