Dirop PTPN VII Beri Motivasi Mahasiswa Unila

img
Foto: Ist.

Harianmomentum.com--Semangat dalam menghadapi hidup dan berpikir positif itulah salah satu kunci dalam melakukan menjalankan dunia usaha. Hal ini dikatakan Direktur Operasional PTPN VII Husairi dalam acara workshop Pengenalan Dunia Kerja Bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi Angkatan 2015, di Fakultas Pertanian Unila, Rabu (24/10/2018).

Dalam paparannya yang bertemakan Peluang Dunia Kerja di PTPN VII ini, Husairi menerangkan cara pengelolaan usaha perkebunan.

Dalam pengelolan dunia usaha perkebunan ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya Back to basic, Hilirisasi  Diverifikasi usaha

Dalam pengelolaan usaha perkebunan banyak metode dalam menyelesaikan masalah/Problem solving, salah satu metode yang sederhana adalah dengan menggunakan metode diagram tulang ikan, (fishbone diagram) dimana proses pemecahan permasalahan dianalisa dengan menilai permasalahan dari sisi metode, material, mesin, manusia dan lingkungan yang terkait dengan masalah yang ada.

Pada sesi pertama tanya jawab, Husairi menyampaikan untuk menjadi manusia yang sukses maka harus menjadi pribadi yang plus, dimana harus memiliki prinsip hari ini lebih baik dari hari kemarin.

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa hidup para generasi saat ini paling gampang daripada generasi sebelumnya dimana masih banyak yang kolot, akan lebih mudah dengan  syarat mau membuka wacana dan pola piker prositif dan lebih maju.

Pada kesempatan itu, Husairi berpesan agar berhasil dalam menghadapi persaingan dunia kerja antara lain kita harus berbuat yang positif sebanyak-banyaknya (positif thinking),

Selain itu, kita juga harus Ikhlas, yang berasal dari dari bahasa Arab “Khalasa” artiya menetapi aturan/ ikuti aturan, Sayangi bawahan, Reward and punishment ditegakkan dengan tegas dan memakai etika, Perbanyak baik karena karma/pembalasan pasti ada, jangan takut terhadap orang tetapi takutlah kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,

Jangan alergi dengan perubahan.  Tentukan target dalam menjalani aktivitas Baca dan hayati biografi orang-orang sukses.

Diakhir pembicaraan beliau menyampaikan agar tetap semangat menghadapi hidup dan teruslah berperilaku positif, maka kalian akan mendapatkan hal yang positif pula. (rls)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos