Disdukcapil Tanggamus Data Dokumen Adminduk Korban Banjir

img
Kepala Disdukcapil Kabupaten Tanggamus Syarif Husin

Harianmomentum.com--Pasca banjir bandang yang menerjang Pekon Umbar, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, banyak warga yang kehilangan dokumen adminstrasi kependudukan (adminduk), seperti: kartu keluarga, kartu tanda penduduk elektronik dan akta kelahiran.

Kondisi tersebut direspon cepat oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus. Kepala Disdukcapil Tanggamus Syarif Husin mengatakan, akan mengganti dokumen adminduk yang hilang atau rusak akibat banjir.

"Kita sudah koordinasi dengan pihak kecamatan setempat, untuk meminta kepala pekon mendata warganya yang kehilangan dokumen adminduk," kata Syarif pada harianmomentum.com, Selasa (13/11/2018).    

Dia melanjutkan, nantinya hasil pendataan dari kepala pekon dan pihak kecamatan itu akan diverifikasi oleh disdukcapil untuk kemudian dibuatkan dokumen adminduk yang baru.

"Sebelum dibutkan dokumen adminduk yang baru, hasil pendataan itu akan kita cocokan dengan data base kependudukan. Pencocokan data ini untuk mencegah, jangan sampai ada penduduk luar yang mengaku-aku sebagai penduduk Tanggamus dan kehilangan dokumen adminduk," terangnya.

Dia menyatakan, petugas disdukcapil siap turun langsung ke lapangan membantu pendataan yang dilakukan aparat pekon dan pihak kecamatan.

"Kalau memang diperlukan kita siap, turun membantu proses pendataan warga yang kehilangan dokumen adminduk," tegasnya. (glh/jal)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos