Kunjungi Tanggamus, Wakapolda Ingatkan Masyarakat Jauhi Kampanye Hitam

img
Talk Show Dialog Interaktif Menuju Pemilu aman, damai dan sejuk di GFU Islamic Center Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, Senin (4-3-2019)../ist

Harianmomentum.com--Mengunjungi Kabupaten Tanggamus, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Teddy Minahasa mengingatkan masyarakat untuk tidak terlibat dalam kampanye hitam atau 'black campaign' serta 'negative campaign'.

Hal itu disampaikan Wakapolda Lampung saat menghadiri 'Talk Show Dialog Interaktif Menuju Pemilu aman, damai dan sejuk di GFU Islamic Center Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, Senin (4-3-2019).

Brigjen Pol Teddy Minahasa juga menegaskan, Polri terus berupaya semaksimal mungkin untuk menangkal berita-berita hoax (bohong). Sebab tidak dipungkiri semakin dekat pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019, berita-berita dengan konten hoax kian masif beredar. 

"Yang utama dilakukan kepolisian untuk menangkal penyebaran berita hoax, adalah dengan mengimbau dan mengedukasi masyarakat. Yaitu agar masyarakat tidak menghasilkan berita hoax dan agar masyarakat tidak terprovokasi oleh berita hoax itu," kata dia.

Berikutnya, masih menurut Brigjen Teddy, adalah upaya mengedukasi masyarakat agar cerdas, cermat, serta bijak dalam menerima dan mengelola sebuah informasi. 


"Karena jelas pelaku penyebar hoax bisa dijerat dengan Pasal 28 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Jadi terkadang masyarakat juga perlu diedukasi, diberi pengetahuan dan wawasan bahwa hal-hal yang begitu (produksi dan penyebaran hoax) itu, ada konsekuensi hukumnya. Tidak dipungkiri, terkadang pelaku melakukan itu karena mereka nggak tahu ada sanksi hukumnya. Itulah pentingnya upaya edukasi," ujar Wakapolda. 

Teddy Minahasa menyebutkann upaya preventif dan persuasif yaitu dengan mengintensifkan patroli siber. "Intensitas patrolinya 24 jam, hampir setiap hari. Tugas utamanya adalah menangkal aksi-aksi hoax di dunia maya yang dapat memicu kerusuhan massal dan aksi anarkis," paparnya. 

Kemudian pada upaya represif, kepolisian akan tegakkan hukum pada para pelaku yang memang bisa ditangkap. 

Saat ditanya terkait perkara-perkara ITE dari polres di kabupaten-kabupaten yang penanganannya dilakukan oleh polda, Teddy Minahasa menjelaskan, sebab perkara ITE memang perlu ditangani secara khusus. Soal kendala apa yang dihadapi polres dalam menangani ITE, wakapolda memastikan tidak ada kendala.

"Penanganan ITE, tipologi dan struktur di dalam Polri sendiri, adanya di tingkat polda. Yaitu ditangani Direktorat Kriminal Khusus. Subdit-nya juga khusus. Jadi alasan (ditangani oleh polda), lebih pada aspek struktural saja. Saya rasa kalau tipologi dan strukturnya membolehkan polres menangani (ITE), saya yakin polres bisa. Tapi sekali lagi, karena (ITE) ini sifatnya aga strategis, lebih afdol kalau polda yang menangani," terang Teddy Minahasa. 

Kemudian soal hasil pengamatan terhadap iklim politik jelang Pemilu 2019 di Tanggamus dan Pringsewu, Wakapolda Lampung menyebutkan, polisi akan terus melakukan pemantauan terhadap dinamika sosial yang terjadi. Terlebih pada hal-hal yang menjurus pada potensi kerawanan. Sehingga polisi tidak serta-merta percaya dengan paradigma "aman". 

"Polisi tidak boleh berpangku tangan dan mudah percaya dengan kata 'aman' dari masyarakat. Tetap kita harus bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi Polri. Saya tegaskan, polisi ndak boleh berpangku tangan," tandas wakapolda.

Kehadiran Wakapolda turut didampingi Karo Ops Kombes Pol Drs Yossy Hariyoso, Dir Intelkam Kombes Pol Drs. Amran Ampu Lembang, M.Si dan Kabidkum Polda Lampung Kombes Pol Heri Setiawan, SIK. 

Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM bersama jajarannya, Forkopimda Tanggamus dan Pringsewu serta Polisi Cilik menyambut Jenderal Bintang Satu itu dengan pengalungan bunga.

Kapolres Tanggamus, AKBP Hesmu Baroto menyampaikan bahwa kunjungan orang nomor dua di jajaran Polda tersebut dalam rangka memberikan pengarahan kepada seluruh personil Polres Tanggamus, tidak hanya itu Wakapolda juga dijadwalkan memberikan talk show di aula gedung Aryaguna, Polres Tanggamus.

"Wakapolda ke sini itu untuk memberikan semangat kepada anggota, tidak hanya pemilu saja banyak hal, khususnya dalam menjalankan tugas sehari-hari," terang AKBP Hesmu Baroto.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tanggamus Hi AM Safii, Ketu DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Kasdim 0424/TGM Mayor Inf Suhada Erwin, Kajari Tanggamus David P Duarsa, Kalapas Sohibur Rachman serta perwakilan Pemkab Pringsewu. Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih serta akademisi Unila Budiono.(glh/jal)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos