KPU Lampung Bantah Tuduhan Relawan Prabowo-Sandi

img
Ketua KPU Provinsi Lampung Nanang Trenggono. Foto: acw
Bandar Lampung

Harianmomentum.com--Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung Nanang Trenggono angkat bicara terkait pernyataan negatif yang dilontarkan para relawan Prabowo-Sandi.

Para relawan yang menggelar aksi di depan kantor KPU setempat, Rabu (15-5-2019), sempat menyatakan kalau KPU adalah komisi penipu umat.

Menurut Nanang, pernyataan tersebut tidak benar. Sebab KPU, khususnya di wilayah Lampung telah menjaga suara rakyat dengan baik dan benar, sesuai prosedural yang berlaku.

“Menyampaikan aspirasi adalah sah saja dalam kehidupan demokrasi. Namun sesungguhnya, the real people power (pilihan masyarakat) sudah terjadi pada Rabu 17 April 2019,” kata Nanang melalui pesan whatsapp yang diterima harianmomentum.com, Kamis (16-5-2019).

Baca juga: Relawan Prabowo-Sandi Berdemo, KPU Disebut Penipu Umat

Saat itu, kira-kira 75-80 persen dari 192 juta penduduk Indonesia hadir di tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan aspirasi dan pilihannya.

“KPU dalam hal ini KPU Lampung, sudah menjaga amanah masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Bahkan, kata dia, pleno terbuka penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara sah secara berjenjang sudah dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku guna menjaga pilihan rakyat.

“Dari TPS, PPK, KPU kabupaten/kota hingga KPU Provinsi Lampung, proses penghitungan perolehan suara sah dilakukan secara terbuka dan memenuhi rasa keadilan peserta pemilu dan rasa keadilan masyarakat secara luas,” jelasnya.

Baca juga: Pesan untuk Mahasiswa dari Emak-emak yang Turun ke Jalan

Selain itu, sambung dia, saksi capres-cawapres 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin maupun saksi capres cawapres 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno turut hadir dan menandatangani hasilnya. Begitu juga dengan saks-saksi dari partai politik (parpol) peserta pemilu 2019 dan DPD-RI.

“Sempat terjadi permasalahan, namun porsinya sangat kecil dan kasuistis. Semua persoalan kami selesaikan dengan adil sesuai regulasinya,” tuturnya.(acw)



Leave a Comment