Lampung Bentuk Forum Satu Data

img
Wakil Gubernur Chusnunia membuka rapat forum satu data bersama BPS Lampung, kemarin.// Agung DW

Harianmomentum.com--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersama Badan Pusat Statistik (BPS) membentuk forum satu data. Forum tersebut penerapan dari Peraturan Presiden (Perpres) nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesa.

Menurut Wakil Gubernur Chusnunia data yang akurat sangat dibutuhkan dalam melakukan pembangunan. Terutama Nunik -sapaan akrabnya- bersama Gubernur Arinal Djunaidi baru saja dilantik.

"Saya dan Pak Arinal ini kan baru dilantik. Jadi pada masa awal pembangunan kita pijakannya adalah data yang jelas," ujar Nunik di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, Rabu (17-7).

Dia menyebutkan tanpa data yang akurat, maka proses pembangunan tidak akan efisien. "Bagaimana pembangunan mau efektif dan efisien kalau datanya tidak jelas. Karena data itu sangat berpengaruh," sebutnya.

Karena itu, dia berharap melalui melalui forum tersebut, dapat menghasilkan data-data yang jelas dan konsisten.

Selain itu, dia mengharapkan forum satu data akan terus berlanjut untuk kepentingkan pembangunan Lampung. "Saya ingin forum ini bukan untuk kepentingan hari ini saja, tapi sampai seterusnya. Apa yang sudah diteken pak presiden, kita wujudkan bersama," harapnya.

Meski demikian, menurut dia, data-data di Provinsi Lampung sudah tersusun baik. "Hanya saja lebih kita rapikan. Intinya yang sudah baik, kita buat lebih baik lagi," ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS Lampung Sudiyanto menyebutkan forum tersebut sangat baik dalam mendukung kebijakan-kebijakan Pemprov setempat.

Menurut dia, melalui forum itu dapat menghasilkan data-data yang konkrit. "Terkadang kita mendengar bahwa membangun data itu mahal. Tetapi jauh lebih mahal apabila membangun tanpa data. Jadi forum ini akan sangat bagus untuk menghasilkan suatu kebijakan nantinya," kata Sudiyanto.

Dia menerangkan BPS memiliki tanggung jawab terhadap data statistik dasar yang sifatnya lintas sektor untuk kepentingan banyak pihak.

Sedangkan OPD Lingkup Pemprov Lampung bertanggungjawab terhadap data yang dibutuhkan untuk kepentingan instansi masing-masing.

"Forum Satu Data Lampung ini merupakan inisiasi yang sangat baik. Hal ini sejalan dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Tentunya hal ini dalam rangka menghasilkan data dengan baik, akurat, relevan, dan tepat," sebutnya/.

Sudiyanto mengakui kualitas data sangat penting, sehingga  harus dikawal agar dihasilkan data berkualitas.

"Ada beberapa dimensi data berkualitas, yaitu data harus relevan atau sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan data harus akurat atau harus sesuai dengan kondisi lapangan. Untuk menghasilkan data akurat ini maka kita harus mengawalnya bersama-sama," jelasnya. (adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos