Kecamatan Gadingrejo Gelar Coffee Morning

img
Coffee Morning di Balai Pekon Wonosari. Foto. Lis.

MOMENTUM, Gadingrejo--Pemerintah Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, menggelar coffee morning yang berlangsung di Balai Pekon Wonosari, Gadingrejo, Senin (9-9-2019). 

Kegiatan itu dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekkab Pringsewu Andi Wijaya. Dihadiri sekitar 100 orang dari unsur perangkat pekon, perwakilan Puskesmas, pendidikan, tokoh masyarakat dan pemuda se-Kecamatan Gadingrejo. 

Tampak hadir, Kadis PMP Malian Ayub, Kepala Kesbangpol Sukarman, Irban III Inspektorat dan Kabag Tapem Hariyadi Indera, Camat Gadingrejo Yuli Susapto.

Pada kesempatan itu, Andi Wijaya mengingatkan aparat ditingkat pekon (desa) agar memahami segala aturan pemerintahan supaya dalam melaksanakan tugasnya nyaman tidak berbenturan dengan hukum.

Bahkan jika ada perubahan aturan, maka segera didiskusikan dengan seluruh perangkat pekon. "Supaya tidak terjebak pada aturan yang bisa menimbulkan kerugian baik moril maupun materil.

Andi Wijaya mengimbau aparat pekon harus rajin belajar, baik mengikuti agenda pemerintahan di tingkat kecamatan maupun kabupaten. "Apalagi di jaman sekarang, belajar cukup mudah bisa buka google lewat laptop maupun HP. Segala bentuk informasi bisa dilihat di situ, jadi jangan sampai ketinggalan informasi," ujarnya.

Selanjutnya, jika menemukan informasi terbaru terkait pemerintahan, langsung didiskuaikan dan dinformasikan kepada perangkat pekon lainnya melalaui rapat koordinasi seperti coffee morning ini namun di tingkat pekon. "Tempatnya tidak perlu formal, bisa di rumah penduduk, di warung atau di alam terbuka, malah lebih rileks," pintanya.

Aparat pekon sudah jelas tupoksinya, seperti fungsi regulasi dan pelayanan publik. Maka harus pandai-pandai melihat program dari kabupaten maupun kecamatan agar terjadi singkronisasi.

Misal di kabupaten ada program kabupaten layak anak, rumah sehat, progran ODF dan lainnya, maka pihak pekon juga harus mengikutinya. Namun sebelum melaksanakan program itu, terlebih dulu lakukan musyawarah dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

Sementara Kepala Kesbangpol Sukarman menyampaikan tentang keorganisasian dan kenyamanan perangkat pekon serta melakukan pendataan kepada tempat-tempat kos di wilayahnya masing-masing.

Begitu juga Kepala PMP Malian Ayub memaparkan tentang program dan pelaksanaan dana desa. Dari inspektorat menyampaikan tentang kehati-hatian penggunaan dana desa. (lis).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos