Catatan OTT KPK Terhadap para Bupati di Lampung

img
Bupati Lampura Agung Ilmu (tengah), bersama Matan Bupati Lamteng Musatafa (kanan) dan Mantan Bupati Mesuji Khamami//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Ditangkapnya Bupati Lampung Utara (Lampura) Agung Ilmu Mangkunegara dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Minggu (6-10-2019) malam, menambah catatan kelam bagi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Lampung.

Sebab berdasarkan catatan harianmomentum.com, sebelum Agung, ada dua kepala daerah di Lampung yang kebetulan kader Partai Nasdem, juga ditangkap KPK.

Kedua kader Nasdem: Mustafa, mantan Bupati Lampung Tengah (Lamteng) dan Khamami, mantan Bupati Mesuji. Hingga kini mereka masih menjalani hukuman penjara.

Mantan Bupati Lampung Lamteng yang saat itu menjabat Ketua DPW Nasdem Provinsi Lampung, Mustafa, ditangkap KPK karena terlibat kasus suap atau gratifikasi.

Kala itu, KPK melakukan OTT di wilayah Lamteng pada Rabu (14-2). Namun Mustafa yang saat itu menjadi kandidat calon Gubernur Lampung baru berhasil diamankan keesokan harinya, Kamis (15-2).

Selanjutnya pada 2019, KPK melakukan penangkapan terhadap Bupati Mesuji, Khamami, dalam kasus korupsi fee atau setoran proyek.

Rangkaian OTT tersebut dilakukan mulai Rabu (23-1). Namun Khamami yang saat itu menjabat Dewan Pertimbangan DPD Partai Nasdem Mesuji baru ditangkap pada Kamis (24-1), dini hari.

Baca juga: KPK Benarkan Adanya OTT di Lampung

Lantas publik Lampung kembali dikejutkan dengan kabar OTT Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, yang merupakan kader Ketua DPD Partai Nasdem kabupaten setempat. Kabar penangkapan tersebut beredar di pesan whatsapp mulai Minggu (6-10-2019), sekira pukul 19.00 WIB.

Lantas, Juru Bicara KPK Febri Diansyah pun membenarkan terkait kabar OTT tersebut. Menurut Febri, selain Bupati Lampura, turut diamankan pula dua orang kepala dinas di Pemerintahan Kabupaten Lampura serta seorang lainnya yang terlibat dalam kasus dugaan suap.

Selain kepala daerah dari Partai Nasdem, KPK juga sempat menangkap Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, dari Partai Amanat Nasional (PAN). Penangkapan atau OTT terhadap Zainudin yang kala itu menjabat Ketua DPW PAN Lampung dilakukan pada Kamis (26-7-2018).(acw)



Leave a Comment