Puncak Harganas XXIV, Menko PMK Tegaskan Pentingnya Peran Keluarga

img
Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo berbincang bersama Menko PMK, Puan Maharani. Foto: Gede Setiyana/Istimewa

Harianmomentum-- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan, peringatan hari keluarga nasional (Harganas) XXIV menjadi wadah untuk meningkatkan kembali akan pentingnya arti keluarga.

 

Menurut Puan, Harganas 2017 dengan tema "Dengan Harganas Kita Bangun Karakter Bangsa melalui Keluarga yang Berketahanan" ini berkaitan dengan peran keluarga yang menjadi wahana utama dalam pembangunan karakter bangsa. Keluarga yang berketahanan dan sejahtera adalah keluarga yang memiliki ketangguhan dan kemampuan secara sosial, ekonomi, dan budaya. Sehingga kehidupan keluarga dapat hidup mandiri, sejahtera, dan bahagia. 

 

"Pembangunan yang saat ini dilakukan bukan hanya di lakukan di infastruktur saja namun juga membangun sumber daya manusia.  SDM Indonesia bukan hanya dalam internal namun harus bisa berkompetisi di ranah Internasional," tutur Puan saat memberikan sambutan pada acara puncak Harganas 24 di Lapangan PKOR Wayhalim, Provinsi Lampung, Sabtu (15/7).

 

Puan juga mengatakan bahwa pembangunan yang baik memerlukan kerjasama yang baik antara pusat dengan daerah.  "Memang diperlukan sinergisitas yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah guna pembangunan dan kesejahteraan rakyat," ujar Puan.

 

Lebih lanjut, Puan mengapresiasi pembangunan Provinsi Lampung yang sangat pesat. "Saya tadi di jalan sempat tanya sama Pak Gub, ini jalan baru ya pak? karena tadi perjalanan lancar sekali, sepanjang jalan juga rapih tidak ada banner-banner yang tidak seharusnya," katanya

 

Puan berharap peringatan ini bisa menjadi wadah dalam membentuk keluarga yang berketahanan, berkarakter, bahagia dan sejahtera. "Semoga acara ini bukan hanya sekedar seremonial, tapi dapat memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat." pungkas Puan

 

Dalam kegiatan tersebut Ketua Umum PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, menyerahkan piala kepada pemenang lomba PKK. Sedangkan penyerahan penghargaan Anugrah Satya Lencana Pembangunan kepada 1 Gubernur dan 11 Bupati se-Indonesia oleh Menko Puan Maharani. Kemudian Piala BKKBN diserahkan oleh Kepala BKKBN RI.

 

Menko PMK juga menyerahkan bantuan berupa paket ikan, paket makanan pendamping ASI, makanan tambahan anak sekolah, makanan tambahan ibu hamil, tas sekolah, Kartu Indonesia Pintar anak sekolah untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, bantuan untuk lansia, alat perangkat teknologi tepat guna.

 

Dalam acara ini, Menko Puan juga membagikan 10 buah sepeda kepada 10 orang yang bisa menjawab pertanyaan titipan dari Presiden Joko Widodo. (rls)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos