DPKP Pringsewu Salurkan Bantaun 4.114 Buku Bacaan

img
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi secara simbolis menyerahkan bantuan buku bacaan untuk 20 komunitas penggiat baca

MOMENTUM, Pringsewu--Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Pringsewu menyalurkan bantuan 4.114  buku bacaan kepada 20 komunitas penggiat minat baca di kabupaten setempat.

Sekretaris DPKD Pringsewu Mei Suhartati mengatakan, bantuan buku bacaan tersebut merupakan hasil sumbangan organisasi perangkat daerah, kantor kelurahan dan sekolah di kabupaten setempat.   

"Ini bagian dari upaya kita untuk meningkatkan minat baca masyarakat Pringsewu. Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya koleksi buku bacaan dapat memotivasi masyarakat untuk lebih gemar membaca," kata Mei didamping Plt Kabid Perpustakaan DPKD Subur Setiyo Widodo.

Para penerima bantuan buku bacaan tersebut antara lain: taman bacaan, perpustakaan pondok pesanteren, pojok baca Sekretariat Pemkab Pringsewu, komunitas Gerobak Pustaka dan Perpustakaan Anak Ramah Istimewa.

"Jumlah buku yang diberikan kepada masing-masing penerima bervariasi, mulai dari 200 hingga 400 buku," terangnya.

Bantuan tersebut diserahkan secar simbil oleh Wakil Bupati Pringsewu Fauzi di sela Deklarasi Pringsewu abupaten Literasi. Kegiatan berlangsung di lapangan kantor pemkab setempat, Senin (28-10-2019).

Wabup Fauzi mengatakan, deklarasi Pringsewu sebagai Kabupaten Literasi adalah bentuk komitmen pemkab melaksanakan program pembangunan bidang pendidikan melalui peningkatan minat baca masyarakat.

"Pencanangan Pringsewu sebagai Kabupaten Literasi harus ditindaklanjuti secara konsiste oleh seluruh elemen pemerintah dan masyarakat. Salah satunya dengan mendukung tumbuhnya dan berkembangnya komunitas baca," kata wabup.

Selain itu, lanjut dia, DPKP harus bisa menjadi motor penggerak komunitas masyarakat untuk mencetuskan  program-program inovasi yang dapat meningkatkan akses dan minat baca masyarakat. (lis)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos