Gubernur: Mari Cintai Kopi Lampung

img
Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia saat membuka Festival Kopi Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi menyatakan produksi kopi di Provinsi Lampung sangat melimpah. Sehingga, dia berharap tidak ada lagi kopi impor yang masuk. 

Untuk mewujudkan hal itu, Arinal mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama kaum petani kopi lebih giat serta mandiri dalam pengembangan kopi lokal.

"Kita hentikan kebiasaan yang tidak baik yaitu impor kopi dari luar, mari kita cintai kopi Lampung," ujarnya saat sambutan pada gelaran Festival Kopi Lampung di Taman Gajah Enggal Kota Bandarlampung, Rabu Malam, (6-11-2019).

Menurut Arinal, walaupun terjadi impor kopi, silahkan ke provinsi lain karena Lampung tidak akan mengalami kesulitan soal produktivitas kopi. "Oleh karena itu hentikan persoalan impor kopi, agar kualitas kopi robusta Lampung, Sumatera Selatan dan Bengkulu dapat terjaga," katanya.

Arinal berharap dengan tidak adanya kopi impor di Provinsi Lampung dapat meningkatkan ekonomi kreatif petani kopi lokal. 


"Lampung adalah salah satu provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia. Sekarang menempati posisi keempat sebagai pemasok kopi dunia. Maka melalui Festival kopi ini diharapkan dapat meningkatkan konsumsi kopi robusta, serta mempromosikan kopi untuk kesehatan dan kecantikan bagi kaum wanita," kata Arinal.

Acara Festival Kopi Lampung 2019 turut dihadiri Anggota DPR RI, DPD RI, Dirjen Perindustrian, Forkopimda, serta bupati dan walikota se-Provinsi Lampung. 

Selain itu, dalam rangka mengedukasi generasi muda, juga turut hadir 40 generasi milenial kopi yang telah mengikuti seminar dan pelatihan yang nantinya diharapkan dapat memberikan edukasi tentang kopi di Lampung.

Dalam laporannya Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Taufik Hidayat mengatakan bahwa acara ini digelar untuk lebih mencintai kopi robusta Lampung, meningkatkan mutu brand dan image industri kopi Lampung.

Dalam laporannya Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Taufik Hidayat mengatakan bahwa acara ini digelar untuk lebih mencintai kopi robusta Lampung, meningkatkan mutu brand dan image industri kopi Lampung.

Dalam Festival Kopi Lampung 2019 juga diberikan penghargaan kepada empat orang wanita sebagai apresiasi wanita kopi. 

Empat wanita tersebut yakni Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung mendapatkan penghargaan sebagai Wanita Kopi Terinspiratif, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim disematkan penghargaan sebagai Wanita Kopi Berdedikasi, Tri Sartika Rini sebagai generasi muda yang telah mengharumkan nama Lampung sebagai Juara 1 Duta Kopi Indonesia 2019, serta Ibu Nurma selaku petani kopi dari Lampung Barat. (vaw/ap)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos