Soal Corona, Lampung Masih Zona Hijau

img
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Kesehatan Lampung menyebut saat ini provinsi Bumi Ruwa Jurai masih dalam zona hijau terkait penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Reihana mengatakan kasus positif covid-19 yang ada di Lampung bukan dari transmisi lokasi. Sehingga, membuat Lampung tetap berada di zona hijau.

"Lampung masih zona hijau. Karena pasien nomor 01 sampai 13 semuanya berhubungan dengan luar daerah. Bukan transmisi lokal," terang Reihana, Minggu (5-4).

Meski demikian, dia menyebut untuk penetapan zona (hijau, kuning, merah) dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. "Penetapan zona merah, kuning dan hijau itu dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemenkes. Semoga tidak berubah zonanya," sebutnya.

Terkait jumlah kasus yang terus meningkat, Reihana mengatakan akan terus melakukan pengawasan terhadap warga yang baru datang dari luar daerah.

Dia juga berkoordinasi dengan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan), PT ASDP dan Dinas Perhubungan guna meningkatkan pengawasan di pintu masuk Lampung. 

"Seperti pelabuhan dan bandara. Alhamdulillah, kami sudah dapat data dari ASDP, untuk digunakan petugas surveilance dalam melacak warga dari luar," jelasnya.

Diketahui, Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Lampung, jumlah pasien positif corona bertambah dua. Sehingga, total keseluruhan 13 pasien: sembilan dalam perawatan, dua wafat dan dua dinyatakan sembuh.

Sementara untuk pasien dalam pengawasan (PDP) jumlanya 37 orang. Rinciannya: 15 dirawat, empat diisolasi dan 18 dinyatakan negatif.

Kemudian, untuk orang dalam pemantauan (ODP) totalnya mencapai 1.530. Rinciannya: 1.190 orang dalam proses pemantauan dan 351 satu selesai dipantau. (adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos