Lampung Segera Miliki PCR, Gubernur: Konfirmasi Covid-19 Lebih Cepat

img
Gubernur Arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung segera mendapatkan satu unit Polymerase Chain Reaction (PCR) atau reaksi berantai polimerase.

PCR merupakan alat untuk mendeteksi Corona Virus Diease 2019 (Covid-19) dalam tubuh, melalui uji swab atau cairan tenggorokan.

Hal itu disampaikan Gubernur Arinal Djunaidi saat jumpa pers di Posko Satgas Terpadu Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Selasa (14-4-2020).

Gubernur mengatakan alat PCR merupakan bantuan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir.

"Atas nama rakyat Lampung, saya menyampaikan terima kasih kepada Pak Menteri BUMN yang telah memberikan satu unit PCR," kata gubernur.

Arinal mengatakan dengan adanya PCR, kepastian untuk konfirmasi pasien apakah positif atau negatif Covid-19 dapat lebih cepat diketahui.

Selama ini, Lampung selalu mengirimkan sample swab ke Jakarta atau Palembang Sumatera Selatan untuk mendapatkan konfirmasi covid-19.

"Dengan adanya unit ini, mudah-mudahan kami bisa lebih cepat mendeteksi yang bersangkutan positif atau negatif covid-19," tuturnya.

Gubernur mengatakan alat tersebut nantinya akan berada di Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM). "Gedungnya sudah siap untuk lab kesehatan. Di komplek RSUAM," sebutnya.

Meski demikian, menurut gubernur sangat sulit untuk mendapatkan alat tersebut. Diharapkan, segera tiba di Lampung.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat, karena PCR ini sebenarnya sulit didapat. Tapi sedang diusahakan," jelasnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos