Dinas PKH Lampung Temukan Hewan Kurban Belum Cukup Umur

img
Ilustrasi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Lampung menemukan tiga sapi yang belum cukup umur untuk dijadikan kurban pada Idul Adha 1441 Hijriyah.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas PKH Lampung Anwar Fuadi ketiga sapi itu ditemukan di tempat penampungan hewan kurban di Kecamatan Jatiagung Lampung Selatan.

"Di Jatiagung Lampung Selatan kami temukan ada tiga sapi yang masih belum cukup umur untuk dikurbankan menurut syariat Islam," kata Anwar, Kamis (16-7-2020).

Dia menjelaskan berdasarkan syariat islam, untuk sapi dan kerbau yang akan dikurbankan minimal berusia dua tahun. Sedangkan kambing dan domba minimal berumur satu tahun.

Untuk memastikan apakah hewan kurban sudah cukup umur atau belum, terlihat dari gigi. "Kalau sudah ganti gigi maka hewan tersebut sudah cukup umur untuk dikurbankan," ujarnya.

Dia pun mengingatkan kepada setiap pedagang agar tidak menjual hewan kurban yang belum cukup umur. Begitu juga untuk masyarakat. "Agar memudahkan masyarakat, hewan kurban yang hendak dibeli harus memiliki tanda sehat dan cukup umur," sebutnya.

Selain itu, Dinas PKH juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan yang dijual. "Alhamdulillah sejauh ini masih aman, belum ditemukan penyakit strategis atau berbahaya lainnya," tutupnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos