Lesty: Jadikan Peringatan HAN Momentum Bangun Karakter Anak

img
Lesty Putri Utami. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Anggota DPRD Provinsi Lampung, Lesty Putri Utami, mengajak masyarakat menjadikan peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli sebagai momentum membangun karakter anak.  

Menurut Lesty, keluarga sebagai lembaga pertama dan sebagai first education for child (edukasi pertama bagi anak) berperan vital dalam membangun karakter anak. Melalui kegiatan edukasi yang dikemas secara kreatif dan gembira. 

"Misalnya, membacakan ceria-cerita pahlawan terhadap anak, diharapkan bisa menanamkan sifat-sifat baik yang akan membentuk karakter anak hingga dewasa," ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Selain itu, kata dia, orang tua juga bisa mengajak anaknya memasak bersama di rumah. Sehingga anak akan merasa dekat dengan orang tua dan menambah waswasan baru.

Dia mengingatkan orang tua agar memperhatikan anak saat menonton film. Membiarkan anak menonton film untuk orang dewasa, membuat anak cenderung berprilaku sebagai mana idola mereka di televisi.

Hal penting lain yang harus orang terhadap anak, Lesty menegaskan, memberikan pendidikan tentang nilai-nilai agama dan kerohanian. "Tanamkan nilai-nilai moral agama kepada anak agar memiliki akhlah dan adab yang baik," katanya.

Pada masa pandemi Covid-19, tersimpan hikmah yang bermanfaat orang tua untuk lebih dekat dengan anak. Sebelumnya, mungkin sulit bagi orang tua bertemu anak karena berbagai kesibukan masing-masing anggota keluarga di luar rumah. 

"Kini keluarga lebih banyak berkumpul dan bersama di rumah. Sehingga banyak kesempatan dan waktu yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas bersama," katanya.

Kendati demikian, Lesty mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan disiplin terhadap protokol kesehatan Covid-19 mengingat pandemi belum berakhir. (*)

Editor: M Furqon/Rls.







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos