MOMENTUM TV: Asik, Warga Pesawaran Bisa Cetak KK Mandiri

Tangkapan layar streaming MOMENTUM TV.

MOMENTUM TV--Setelah Kota Bandarlampung, kini warga Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung mendapatkan kemudahan mengurus dokumen adminstrasi kependudukan (adminduk), berupa kartu keluarga (KK).

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesawaran mulai menerapkan sistem cetak mandiri, untuk pembuatan dokumen adminstrasi kependudukan (adminduk), berupa kartu keluarga (KK).

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Pesawaran Bunyamin mengatakan, penerapan sistem tersebut untuk mempermudah pelayanan masyarakat pemohon KK. 

Dia menerangkan, prosedur pembuatan KK cetak mandiri, dilakukan melalui sistem online.

"Prosesnya pemohon memberikan alamat email ke disdukcapil. Nanti pemohon akan mendapatkan PIN atau nomor identifikasi pribadi berisi kombinasi angka dan huruf melalui email tersebut untuk mengakses laman dukcapil, dan mendapatkan dokumen KK untuk dicetak sendiri di rumah," terangnya.

Selanjutnya, dokumen KK yang dikirim ke email pemohon sudah dilengkapi kode bar pada bagian bawah. "Jadi dokumen KK yang dikirim ke email, bisa langsung dicetak di kertas HVS dengan printer oleh pemohon," jelasnya.

Menurut dia, untuk saat ini proses cetak mandiri dokumen adminduk itu hanya berlaku untuk KK.(**)

Laporan: Rifat Arif, Kabupaten Pesawaran






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos