Angka Kesembuhan Covid-19 Mencapai 83,19 Persen

img
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana

MOMENTUM, Bandarlampung--Angka kesembuhan pasien terkonfirmasi positif corona virus disease 2019 (covid-19) di Provinsi Lampung mencapai 84,10 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana menjelaskan angka kesembuhan itu bahkan melebihi nasional yang hanya 70 persen.

"Alhamdulillah angka kesembuhan kita mencapai 83,19 persen yang melebihi nasional 70 persen," kata Reihana saat sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 45 tahun 2020 di Gedung Pusiban, Selasa (25-8).

Hal itu dihitung berdasarkan jumlah pasien yang sembuh dibagi total kasus dan dikalikan 100. Total kasus di Lampung saat ini 369 pasien. Untuk pasien yang sembuh mencapai 307 orang dan 14 meninggal.

Sementara untuk angka kematian (CFR) pasien covid-19 di Provinsi Lampung saat ini 3,84 persen saja pada semua umur. "Sedangkan pada usia lanjut mencapai 71,4 persen. Karena usia lanjut itu memiliki kormobid atau penyakit penyerta," sebutnya.

Selain itu, Reihana juga menjelaskan angka reproduksi efektif di Lampupng terbilang rendah, hanya 0,37 persen hingga 25 Agustus.

"Angka reproduksi efektif ini maksudnya satu orang bisa menularkan ke berapa orang. Memang yang terbaik adalah angka reproduksi efektif harus berada di bawah satu," terangnya.

Menurut dia, jika angka tersebut berada di bawah satu maka pandemi covid-19 bisa dikendalikan.

Meski demikian, dia menyebut angka reproduksi efektif di Provinsi Lampung mengalami fluktuasi. "Antara 0,37 hingga 1,42. Ini artinya pandemi belum selesai. Tapi kalau angka di bawah satu, artinya pandemi bisa kita kendalikan," terangnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos