Polres Pesawaran Luncurkan Program Kampung Tangguh Nusantara

img
Peluncuran KTN di Desa Tamansari, Kecamatan Gedongtatan./Rifat

MOMENTUM, Gedongtataan--Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan covid-19 di Kabupaten Pesawaran, antara lain melalui program kampung tanggung nusantara (KTN).

Program tersebut merupakan kerjasama Kepolisian Resor (Polres) Pesawaran bersama sejumlah pemerintah desa yang ada di wilayah hukum setempat guna mencegah penularan covid-19 di tingkat desa.

Kapolres Pesawaran, AKBP. Vero Aria Radmantyo mengatakan setidaknya program tersebut penting untuk dijalankan mengingat bahaya pandemi covid-19 menuntut partisipasi masyarakat luas.

Baca Juga: Dukung Optimalisasi KTN, Dinkes Pesawaran Kerahkan Puluhan Nakes

"Memang untuk tahun 2020 lalu, kami bersama pemerintah kabupaten dan tim Satgas Covid-19 terfokus pada upaya ketahanan pangan dan ekonomi, nah untuk tahun ini lebih difokuskan untuk memaksimalkan pemerintah desa dalam upaya-upaya pencegahan penularan virus tersebut," katanya saat peluncuran Kampung Tangguh Nusantara di Desa Tamansari, Kecamatan Gedongtataan, Rabu (24-2-2021).

Menurut Vero, program tersebut sudah dijalankan di tiga desa: Tamansari dan Kurungannyawa di Kecamatan Gedongtatan serta Desa Kalirejo, Kecamatan Negerikaton.

Senada, Camat Gedongtataan, M Iqbal menyebut upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 menuntut keterlibatan seluruh unsur masyarakat baik pemerintah maupaun masyarakat di desa.

"Karenanya, pemerintah desa dapat bekerjasama dengan bhabinkamtibmas serta bhabinsa untuk melakukan pengawasan serta pencegahan di desa," katanya.

Iqbal juga meyakini upaya tersebut dapat berdampak baik bagi masyarakat di wilayahah setempat.

Laporan: Rifat Arif

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos