Pemilihan Ketua PPP Lampung Melalui Formatur

img
Ketua DPW PPP Lampung Hasanusi. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Lampung akan diawali dengan pemilihan tim formatur pada 3 Juni 2021.

Formatur adalah tim yang berwenang untuk memilih ketua DPW serta kepengurusannya.

Hal itu dikatakan Ketua DPW PPP Lampung Hasanusi saat diwawancarai harianmomentum.com, Selasa (18-5-2021).

Hasanusi menyebut, total ada tujuh orang dalam tim formatur. “Untuk wilayah yang terdapat 15 kabupaten/kota atau lebih, formaturnya 7 orang. Lima dari unsur DPC, satu dari DPW, dan satu DPP,” sebutnya.

Formatur dari DPP akan ditunjuk langsung berdasarkan Surat Keputusan (SK) ketua umum partai. Sementara formatur dari unsur DPW dan DPC akan dipilih melalui musyawarah.

“Tingkat cabang dipilih teman-teman cabang 15 kabupaten/kota, jadi mereka rembukan untuk memilih lima orang. Untuk unsur DPW yang memilihnya adalah lima orang formatur dari unsur cabang yang sudah terpilih,” jelasnya.

Tim formatur yang akan diketuai oleh unsur perwakilan DPP tersebut nantinya akan memilih ketua dan pengurus DPW untuk periode 2021-2026.

“Tim formatur punya waktu maksimal 20 hari untuk menyelesaikan struktural, termasuk menentukan siapa ketua DPW,” ujar Hasanusi.

Baca juga: Digelar 3 Juni, Pemilihan Ketua PPP Lampung Utamakan Prokes

Setelah musyawarah di tingkat formatur selesai, maka ketua tim yang merupakan unsur dari DPP akan membawa hasilnya ke pusat, untuk kemudian dibuatkan Surat Keputusan (SK).

“Rapat di tingkat formatur ini paling dua sampai tiga hari selesai. Kemudian dibawa ke DPP, dan biasanya seminggu kemudian SK-nya sudah turun,” terangnya.

Sementara, ketika ditanya perihal kesiapannya untuk kembali mencalonkan diri sebagai ketua periode mendatang, Hasanusi mengaku pasrah saja. “Saya mendukung apapun hasil dari muswil nantinya,” ujarnya.

Menurut dia, semua kader PPP berhak untuk dipilih sebagai ketua. “Harapan kita siapapun nanti ketuanya adalah kader tulen PPP. Jadi sudah bisa dipastikan loyalitasnya terhadap partai,” ucapnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos