Longsor di Jalinbar Semaka, Kendaraan Masih Bisa Melintas

img
Petugas kepolisian mengevakusi material longsor yang semat menutup jalan di Semaka, Tanggamus.

MOMENTUM, Semaka--Hujan deras tadi malam, terjadi banjir dan longsor di jalan lintas barat (jalinbar) di Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Selasa (31-8-2021) pagi. 

Material tanah dan batu koral sempat menutup akses jalan, baik dari arah Wonosobo maupun sebaliknya. Sejumlah anggota Satuan Lantas Polres Tanggamus turun mengatur arus lalu-lintas di sejumlah lokasi.titik. 

Berdasarkan data yang dihimpun Polsek Semaka, Tanggamus material longsor menutup dua lokasi di jalan Pekon Waykerap di sekitar Mapolsek Semaka dan tiga lokasi ke arah simpang Sedayu dengan material lebih sedikit. 

Arus lalu lintas dari kedua arah bisa dilalui oleh semua kendaraan. Namun dilakukan buka tutup. Terdapat truk bermuatan kelapa sawit patah as di sekitar area Mapolsek Semaka. 

Pantauan di jalinbar Semaka, personel gabungan polres baik dari Satlantas, Satsabhara dan polsek dipimpin Wakapolres Kompol Moh Ali Muhaidori, melaksanakan pengaturan serta pembersihan material longsor dengan alat seadanya.

Menurut Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Jonnifer Yolandra, material longsor berupa tanah, pasir bercampur batuan di depan Mapolsek Semaka cukup banyak. Jalan juga digenangi air.

Selanjutnya, material longsor di Pekon Waykerap tidak jauh dari Mapolsek Semaka ke arah Pekon Sedayu, dan tiga lokasi material ke arah Pekon Sedayu dengan volume material lebih sedikit. 

"Saat ini sedang dilaksanakan proses pengaturan arus lalu lintas oleh jajaran Satlantas Polres Tanggamus dan berusaha mengevakuasi truk yang mengalami patah as," kata Jonnifer mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi.

Kasat mengimbau pengguna jalan untuk berhati-hati sebab jalan masih licin karena material longsor tersebut. "Agar pengguna jalan berhati-hati, karena jalan masih licin digenangi air dan material longsor," imbaunya. (*)

Laporan: Galih/Ijal

Editor: M Furqon.







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos