Seorang Warga Tewas, Diduga Akibat Amukan Gajah Liar di Purbolinggo

img
Ilustrasi. Ist.

MOMENTUM, Purbolinggo--Seorang petani warga Desa Tegalyoso Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur meninggal dunia diduga akibat amukan gajah liar, Ahad (31-10-2021).

Kepala Desa Tegalyoso M Yani mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Kawanan gajah liar dari kawasan Taman Nasional Waykambas (TNWK) masuk peladangan warga yang berbatasan tangan Waykambas dan mengamuk.

"Seorang petani bernama Sutikno (55) warga Dusun V, Desa Tegalyoso, meninggal dunia diduga akibat amuka gajah liar," ujar Yani.

Dia menjelaskan, seperti biasa, sehabis magrib selalu ronda menjaga tanaman mereka yang tak jauh atau berbatasan dengan TNWK dari gangguan gajah liar.

Diperkirakan, sekitar pukul 19.00 WIB, kawanan gajah liar mulai masuk lahan penduduk dan merusak tanaman yang ada, seperti jagung.

"Korban berangkat bersama rekan-rekannya ke kebun jagung yang berada di ujung dekat perbatasan kawasan TNWK untuk menunggu tanaman agar tidak diganggu gajah liar. Tidak berselang lama, korban ditemukan sudah meninggal dunia. Diduga akibat amukan gajah liar," tambahnya.

Yani juga mengatakan gajah liar itu hampir setiap malam masuk ke lahan pertanian warga di Dusun V.

"Warga sudah kwalahan pak, tapi mau bagaimana lagi warga kami mayoritas petani, kami berharap pemerintah lebih tanggap dalam menyikapi permasalahan atau konflik dengan gajah liar yang sering terjadi di daerah kami," harapnya. (*)

Laporan: Arif Fahrudin
Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos