KPU Bersiap Pilgub Lampung 2024

img
ilustrasi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Dua tahun menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung. Meskipun demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung mulai melaksanakan berbagai persiapan guna menghelat ajang pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemprov Lampung) dan sedang merancang kebutuhan anggaran Pilgub,” jelas Ketua KPU Lampung Erwan Bustami saat dihubungi melalui telepon, Kamis (30-12-2021).

Pilgub Lampung merupakan salah satu agenda demokrasi dalam Pilkada serentak yang dijadwalkan bulan November 2024. Sebelumnya digelar Pemilu (Pileg dan Pilpres) pada Februari 2024.

Kini, KPU Lampung masih menunggu Peraturan KPU RI tentang tahapan-tahapan Pemilu dan Pilkada yang draftnya telah diajukan KPU RI kepada Komisi III DPR. 

“Sesuai ketentuan, tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak dilaksanakan paling lambat 22 (dua puluh dua) bulan sebelum pelaksanaan, berarti pada Juni atau Juli 2022 tahapan sudah dimulai,” ujar Erwan Bustami. 

Diketahui, sejumlah partai politik (Parpol) ternyata mulai menjajaki koalisi untuk Pilgub Lampung. Sebagaimana dikutip dari rri.co.id (25-5), DPW PAN Lampung telah berkoordinasi dengan DPD Demokrat Lampung. “Ini semua muaranya 2024. Tapi rasanya tak elok kalau kita bahas sekarang, yang penting silaturahmi dulu,”  kata Ketua PAN Lampung Irham Jafar Lan Putra, beberapa waktu lalu. (**)

Laporan: Rozali Umar

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos