Pagelaran Jadi Kampung Budidaya Nila

img
Bupati Pringsewu mencanangkan Pekon Pagelaran sebagai Kampung Budidaya Ikan Nila

MOMENTUM, Pagelaran--Pemerintah Kabupaten Pringsewu mencanangkan Pekon (desa) Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, sebagai Kampung Budidaya Ikan Nila di Provinsi Lampung. 

Melalui pencanangan tersebut diharapkan dapat mendukung upaya percepatan pengembangan sektor perikanan sekaligus meningkatkan  kualitas hasil budidaya perikanan di Kabupaten Pringsewu khususnya dan Provinsi Lampung pada umumnya.

Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan, dipilihnya Pagelaran menjadi wilayah pengembangan bubidaya ikan Nila, karena mengingat potensi lahan budidaya perikanan di daerah itu mencapai 1.067 hektar dengan tingkat pemanfaatan 516 hektar atau baru mencapai 50%. 

"Selain itu, terdapat puluhan embung dan delapan aliran sungai, dengan sungai terbesar adalah Way Sekampung," kata bupati saat pencanangan Kampung Budidaya Ikan Nilat itu,  Sabtu (5-3-2022)

Bupati menambahkan, potensi hasil perikanan air tawar di Kabupaten Pringsewu rata-rata mencapai 8.000 ton/tahun, dengan komoditas berupa ikan lele, patin, mas, nila dan gurame. 

Kabupaten Pringsewu juga mempunyai kawasan Minapolitan yang juga berlokasi di Kecamatan Pagelaran. 

"Sektor perikanan di Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu sektor usaha yang memiliki potensi besar yang dapat dikembangkan,"imbuh Sujadi.

Acara pencanangan tersebut dihadiri jajaran Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya-Kementerian Kelautan dan Perikanan , Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung beserta jajaran pemerintah daerah dan DPRD kabupaten setempat. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos