Satgas Pangan Cek Ketersediaan Bahan Pokok di Tanggulangin

img
Pengecekan bahan pokok di pasar tradisional Lampung Tengah.

MOMENTUM, Punggur--Satgas Pangan Polsek Punggur terus melakukan pengecekan ketersediaan bahan pokok di pasar tradisional Kampung Tanggulangin, Kecamatan Punggur, Lampung Tengah (Lamteng) pada Sabtu 7 Mei 2022.

Hal itu bertujuan untuk memastikan pendistribusian bahan pokok termasuk minyak goreng aman dan lancar pada saat Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah

Selain itu, pengecekan ketersediaan bahan pokok ini merupakan perintah langsung Kapolres AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya kepada Kapolsek jajaran serta para Kasatgas pangan.

Kapolsek Punggur IPTU Mualimin, menjelaskan bahwa Bhabinkamtibmas nya melaksanakan patroli kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) untuk memonitoring ketersediaan sembilan bahan pokok khususnya minyak goreng dengan sasaran pertokoan sembako di pasar tradisional Kampung Tanggulangin.

‘’Upaya ini kita lakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok pada saat Hari Raya Idul Fitri 1443 H serta memastikan pendistribusian bahan pokok laman dan lancar,’’ kata Kapolsek. 

Setelah bertatap muka langsung dengan para pemilik toko, sampai dengan saat ini stok minyak goreng dan bahan pokok lainya masih ada dan tidak terjadi kelangkaan. Untuk harga minyak goreng itu sendiri bervariasi dari mulai Rp23.000 – 25.000 perliter.

Kepada para pedagang, lanjut Kapolsek, pihaknya memberikan himbauan agar tidak melakukan penimbunan bahan pokok baik itu minyak goreng kemasan maupun curah dan bahan pokok lainya.

"Jika ditemukan adanya penimbunan, Kami tidak segan-segan untuk memproses hukum para pelaku sesuai dengan Pasal 29 dan Pasal 107 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dengan ancaman pidana selama lima tahun penjara," pungkasnya. (*)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos