Besok, Lamsel Terima Blangko KTP Elektronik

img
Kadisdukcapil Lamsel Hasan Afriansyah. Foto: Boby

Harianmomentum--Jika tidak ada aral melintang, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) dijadwalkan akan menerima blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) Rabu (12/04/17).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lampung Selatan, Hasan Afriansyah mengatakan, informasi dari Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Lampung, blangko KTP-el untuk Lamsel akan segera dikirim.

“Besok kita akan terima blangko KTP-el dari provinsi,” kata Hasan kepada harianmomentum.com, Selasa (11/04/17).

Kendati demikian, Hasan belum bisa memastikan berapa jumlah blangko KTP-el yang akan diterima oleh pihaknya.

Dia mengatakan, sejauh ini laporan data penduduk yang sudah masuk dalam print ready record Disdukcapil mencapai 50.245 orang.

Sementara, di kabupaten Lamsel jumlah penduduk saat ini berjumlah sekitar 1.265.476 orang.

"Kami sudah mengusulkan ke Provinsi. Mudah- mudahan blangko yang kami terima sesuai dengan pangajuan. Karena stok blangkonya tersedia di Provinsi," ucap Hasan.

Nantinya, blangko yang diterima akan dibagikan dan diprioritaskan kepada penduduk yang terlebih dahulu datang ke Disdukcapil atau data terbaru yang sudah dikumpulkan melalui Kecamatan.

Jadi, bukan berdasarkan data penduduk yang terlebih dahulu tercatat.

"Jika dicetak sesuai data yang ada tentunya nanti akan mubazir, karena bisa saja datanya sudah berubah, misalkan penduduknya meninggal dunia, atau sudah berpindah tempat," katanya.

Pembagian KTP-el kali ini merupakan tahap pertama, sedangkan yang kedua akan dibagikan lagi pada bulan Juni mendatang. 

"Sekarang tidak perlu lagi kita ambil blangkonya di Jakarta, karena akan memakan waktu, cukup di provinsi saja,” ujarnya.

Selanjutnya, Disdukcapil akan melakukan pencetakan termasuk di kantor kecamatan yang jangkauannya jauh dari Disdukcapil.

Misalkan, Kecamatan Natar, Kecamatan Tanjung Bintang dan Kecamatan Jati Agung. Nantinya dari tiga Kecamatan itu akan ditempatankan mesin cetak di kecamatan yang paling strategis.

"Sehingga untuk mempermudah penduduk mencetak KTP-el," pungkasnya. (bob/red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos