Kementerian Perdagangan Pantau Harga Sembako di Bandarlampung

img
Staf Ahli Mendag RI Lasminingsih memantau harga sembako di Pasar Pasirgintung.

Harianmomentum— Menjelang bulan Ramadhan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI memantau harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di Kota Bandarlampung, Kamis (20/04/17).

Dalam kunjungannya di Pasar Pasirgintung, Staf Ahli Mendag Bidang Perdagangan Jasa, Lasminingsih didampingi Kadis Perdagangan Provinsi Lampung Ferynia.

Mereka mendatangi sejumlah toko dan kios penjual menjual kebutuhan pokok di pasar tersebut.

Menurut Lasminingsih, pantauan harga kebutuhan pokok merupakan agenda rutin yang dilakukan pihaknya menjelang bulan puasa.

Sehingga, pemerintah bisa memantau ketersediaan berbabagai kebutuhan masyarakat. Selain itu juga agar Mendag bisa memantau kenaikan harga.

“Kami ingin memastikan stok kebutuhan tetap terjamin, begitu juga dengan harganya,” kata Lasminingsih kepada harianmomentum.com, Kamis (20/04/17).

Mendag juga akan selalu memantau pendistribusian kebutuhan bahan pokok di Bulog, sehingga Lampung tidak mengalami kekurangan.

"Ketersediaan bahan pangan menjelang bulan puasa harus terpenuhi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kenaikan harga bahan pokok menjelang hari- hari besar relatif biasa selagi tidak diambang batas.

“Selagi lonjakan kenaikan harga itu tidak terlalu tinggi, wajar- wajar saja,” katanya.

Sementara Kadis Perdagangan Lampung Ferynia mengatakan akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait guna memantau kestabilan harga dan jumlah persediaan kebutuhan pokok yang ada di pasar-pasar.

“Kebutuhan pokok untuk masyarakat di Lampung menjelang bulan puasa harus tetap tersedia dengan harga yang relatif stabil,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kunjungan tersebut Lasminingsih juga mendata jumlah pedagang di Pasar Pasirgintung.

Saat ini, jumlah pedagang ada sekitar 40 toko, 67 kios, 245 pedagang amparan dan total pedagang kaki lima berjumlah 532 orang.

Berdasarkan pantauan harianmomentum.com di lokasi, harga beras lokal masih berada dikisaran harga Rp 8.500 sampai Rp 10.000.

Sedangkan harga gula masih berkisar Rp 12.500. Sementara untuk harga minyak curah Rp 13.000, dan minyak kemasan Rp 12.500. (ira/red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos