Lampung Segera Miliki Pangkalan Angkatan Laut

img
Kunjungan Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) di ruang rapat Kantor Gubernur Lampung, Jumat (21/4). Foto: Ira

Harianmomentum--Provinsi Lampung segera memiliki pangkalan Angkatan Laut guna menjaga garis pantai di wilayah setempat.

 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Lampung Sutono, saat menerima kunjungan puluhan Taruna/Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) di ruang rapat Kantor Gubernur Lampung, Jumat (21/4).

 

Pembangunan tersebut menurut Sutono, karena Lampung memiliki garis pantai yang cukup panjang jika dibandingkan dengan Pulau Jawa. Untuk itu, ia menyambut baik kedatangan para Taruna AAL tersebut.

 

Ia menerangkan, para Taruna dan Taruni ini datang dengan menggunakan KRI Dewaruci yang belajar dari Surabaya ke Bandarlampung selama empat hari dalam rangka latihan navigasi astronomi korps pelaut.

 

Ia berharap, ke depan lebih banyak lagi para pemuda-pemudi khususnya yang berasal dari Lampung. Ia juga berpesan agar para taruna untuk terus menjunjung tinggi semangat dan disiplin dalam belajar serta bekerja.  

 

Danlanal Lampung Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi, yang turut mendampingi para Taruna AAL mengungkapkan bahwa berlayarnya KRI Dewaruci merupakan program TNI untuk melatih para taruna bernavigasi menentukan posisi dan arah kapal menggunakan bintang tanpa alat-alat moderen. 

 

Selain itu, kedatangan kapal Dewaruci juga untuk memperkenalkan kepada taruna bahwa Lampung memiliki banyak sumber daya alam.

 

"Mereka berlayar ke BandarLampung, sebelum mereka berlayar ke Spanyol untuk mengganti KRI Dewaruci menjadi KRI Bima Suci, para taruna juga akan mengunjungi sekolah-sekolah dan kantor-kantor pemerintah untuk melakukan ramah tamah dan sosialisasi,“ jelasnya.

 

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Lampung Irwan Sihar Marpaung, Palaklat Latek Navastro Letkol Laut (P) Cahya Indra Susilo.(ira/asn) 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos