4-6 Juni Penerimaan Siswa Baru, Lampung Terapkan Sistem Zona

img
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 di Provinsi Lampung berlangsung pada 4-6 Juni 2018. PPDB dilakukan secara online.

 

Selain itu, Pemerintah Provinsi Lampung juga menerapkan sistem zona, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI No 1 Tahun 2017 tentang PPDB dari TK, SD, SMP dan SMA.

 

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya menerapkan tiga zon, pada tahun ini pemprov menerapkan 5 zonasi.

 

Kadisdikbud Lampung Sulpakar menerangkan, lima zona tersebut terdiri dari zona 1 bagi siswa Bandarlampung dengan kuota 75 persen. Sedangkan sisanya, 25 persen melalui zona 2, 3, 4 dan 5.

 

Untuk zona 2, bagi siswa dari luar Bandarlampung dengan kuota lima persen, zona 3 bagi anak guru kuota lima persesn, zona 4 melalui jalur prestasi baik nonakademik maupun akademik sebanyak 10 persen.

 

Prestasi bisa akademik maupun nonakademik. Anak didik berprestasi nonakademik misalnya, sebagai juara karate atau olahraga lainnya. Sedangkan zona 5, jalur mandiri dengan kuota lima persen.

 

Menurut Sulpakar, dengan diperlakukan 5 zona tersebut, pihaknya minta dukungan orangtua untuk bisa memanfaatkan PPDB ini melalui jalur online dengan situs https://lampung.siap-ppdb.com.

 

Sulpakar mengatakan, Disdikbud menetapkan kuota PPDB online 2018 sebanyak 75 persen siswa di setiap sekolah. PPDB ini menganut sistem zonasi, dimana calon siswa lebih dekat dengan sekolah maka peluangnya akan dapat diterima.

 

"Sistem zonasi melalui online ini dengan harapan agar dari proses penerimaan sangat transparan," ujar dia.

 

Berdasarkan data yang diperoleh, jadwal penerimaan murid baru akan dimulai pada 4-6 Juni, kemudian pengumuman pada 7 Juni. Dan jika diterima langsung daftar ulang 7-9 Juni.

 

Selanjutnya masa orientasi (pengenalan) lingkungan sekolah pada 16-18 Juni dan efektif masuk ajaran baru pada 16 Juli mendatang. (ira)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos