Libur Panjang Lebaran, Berdampak Besar terhadap Dunia Usaha

img
Hipmi Lampung buka puasa bersama. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2018 selama 10 hari yang ditetapkan pemerintah, berdampak besar pada dunia usaha. Sebab, seluruh karyawan turut libur sehingga pabrik tidak dapat beroperasi.

 

Ketua Umum BPD HIPMI Lampung Arie Nanda Djausal mengungkapkan, libur panjang yang ditetapkan pada 11-20 Juni, membuat banyak pabrik tak beroperasi dan suplai perdagangan terhambat.

 

"Jelas sangat berpengaruh. Bayangkan saja, kalau lama begitu pasti pabrik nggak jalan," kata Arie usai buka bersama BPD Hipmi Lampung di Novotel, Bandarlampung, Kamis, 7 Juni 2018.

 

Untuk mengantisipasi dampak negatif, kata dia, dunia usaha akan memperbanyak stok. Karena pengiriman dan distribusi barang akan terhambat, maka penyediaan stok harus lebih matang.

 

Menurutnya, kebijakan libur panjang itu hanya menguntungkan bisnis pariwisata, industri makanan minuman. "Efeknya hanya pariwisata, industri makanan dan minuman," ujarnya.

 

Sementara ketua panitia pelaksana buka puasa bersama Hipmi, Akhmad Rakha Harastha mengatakan, pada kegiatan ini, Hipmi menyelenggarakan wakaf Alquran kepada tiga panti asuhan, tiga pondok pesantren dan satu panti jompo, tutorial make up dan sahur on the road.

 

Dengan berkunjung ke panti jompo dan panti asuhan, kata Rakha, memberikan dampak kepada anggota Hipmi yaitu dapat merasakan penderitaan penghuni dan dapat lebih bersyukur. (ira).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos