Subsidi OTD JCH, Lamsel Siapkan Dana Rp800 Juta

img
Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan bersama para JCH kabupaten setempat.

Harianmomentum.com--Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) memastikan memberikan subsidi Ongkos Transit Daerah (OTD) untuk seluruh jemaah calon haji (JCH) setempat

 

Kepastian itu disampaikan Bupati Lamsel Zainudin Hasan saat membuka manasik haji di Masjid Bani Hasan, Kalianda, Rabu (04/07/2018. Manasik tersebut diikuti 339 orang JCH kabupaten setempat.

 

“Mungkin juga belum banyak yang tau, saya juga baru tau ini. Pemkab Lampung Selatan mengalokasikan danan lebih kurang Rp800 juta untuk mensubsidi ongkos transit daerah jemaah calon haji tahun ini. Jadi masing-masing jemaah akan mendapat dana subsidi Rp2,3 juta,” kata bupati.

 

Dana subsidi OTD itu bersumber dari APBD  Kabupaten Lamsel. Penyaluranya akan dilakukan secara tunai,  berupa akomodasi untuk kebrangkatan dan kepulangan  JCH dari asrama haji Provinsi Lampung sampai asrama haji di Jakarta dan sebaliknya.

 

“Uang ini ditranfer ke rekening provinsi. Untuk itu, saya minta nanti harus ada laporan pertanggungjawabannya dari provinsi, untuk apa saja digunakannya.  Kalau untuk bus berapa sewanya, sehingga angka harus sama,” pintanya.

 

Menurut bupati, OTD yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Pemkab Lamsel untuk membantu meringankan pengeluaran JCH dalam menunaikan ibadah haji.

 

“Dari Kalianda ke provinsi,  pemkab  juga menyediakan bus. Ini sudah berjalan setiap tahun. Jadi, artinya ada kontribusi dari pemkab dan seluruh masyarakat untuk keberangkatan jemaah calon haji,” terangnya.  (alp)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos