PDIP Persiapkan Validasi Bacaleg

img
Foto: Google.

Harianmomentum--Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Lampung mulai memersiapkan validasi penjaringan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg).

 

Wakil Ketua DPD PDIP Bidang Hukum dan HAM Watoni Noerdin mengatakan validasi tersebut untuk mencari kader-kader internal yang mempunyai potensi suara terbanyak.

 

“Meskipun Pemilihan Legislatif (Pileg) masih 2019,  tetapi Oktober 2018 sudah menyetorkan nama-nama bacaleg sementara. Jadi kita sudah melakukan persiapanvalidasi terhadap kader-kader internal,”  kata  Watoni  pada harianmomentum.com i di Sekretariat DPD PDIP di Jalan Soekarno-Hatta Bandarlampung, Jumat (8/9).

 

Dia menambahkan, waktu persiapan vallidasi dimulai pertengahan September 2017.Walau begitu, PDIP tidak membuka pendaftaran bacaleg dari eksternal (luar partai). 

 

Hal tersebut menyangkut persyaratan yang mengharuskan bacaleg memiliki kartu keanggotaan partai berlambang banteng moncong putih itu.

 

“Jadi khusus yang mempunyai kartu tanda anggota saja. Kita juga membuka peluang bagi anggota partai yang baru, asalkan mempunyai potensi basis suara terbanyak,” terangnya.

 

Terkait kuota, lanjuta dia, tidak ada batasan jumlah. PDIP akan menjaring bacaleg sebanyak-banyaknya.

 

 Dia berharap, PDIP tetap ingin mempertahankan jumlah kursi yang saat ini ada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung.

 

“Sekarang PDIP ada 17 kursi. Jadi kita akan menjaring bacaleg yang sebanyak-banyaknya, untuk bisa menjaga jumlah kutsi tersebut, malah kalau bisa bertambah lagi,” harapnya.

 

Selain itu, PDIP juga akan memperhatikan keterlibatan bacaleg  wanita dengan persentase 30 persen.(adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos