762 Peserta Ikut Lomba Seberangi Selat Sunda

img
Marinir dalam lomba menyeberangi Selat Madura pada tahun lalu. Foto.Ist.

Harianmomentum.com--Lomba renang dan dayung Selat Sunda dengan jarak 39 kilometer resmi dibuka, Jumat (2/3/18) pukul 21.00 WIB.


Sebanyak 762 peserta yang terdiri dari 462 peserta dayung dan 300 peserta renang dilepas langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya Ade Supandi.


Kasal menyampaikan, acara ini merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Korps Marinir.


"Selain memperingati HUT Marinir ke-72, acara ini juga diperuntukkan guna mengasah kemampuan prajurit dalam hal kekompakan, navigasi dan kemampuan lainnya ," kata Dan Kasal saat diwawancarai wartawan usai memimpin upacara pembukaan lomba.


Menurut dia, prajurit marinir harus senantiasa handal, baik saat di darat maupun di laut, karena Indonesia merupakan negara kepulauan. "Renang merupakan makanan sehari-hari para prajurit marinir," ujarnya.


Lomba renang Selat Sunda, terakhir diadakan pada tahun 2007 lalu. "Sudah 10 tahun saya menunggu iven ini. Seharusnya, acara ini kita gelar tahun lalu, namun karena faktor cuaca maka kita baru bisa adakan tahun ini," terangnya.


Even semacam ini, ke depan diadakan setiap tahun. "Tahun lalu kita adakan lomba lintas Selat Madura, tahun ini Selat Sunda, tahun yang akan datang bisa saja di selat lain yang memungkinkan terselenggaranya acara semacam ini," jelasnya.


Para peserta renang diperkirakan sampai digaris finis paling cepat pukul 09.00 WIB, Sabtu (3/3/18). "Mereka akan melintasi Selat Sunda kurang lebih selama 12 jam," ujarnya.


Sedangkan, untuk lomba dayung dimulai pukul 03.00 WIB, Sabtu (3/3/18) dengan jarak tempuh yang sama namun dalam waktu tempuh yang lebih cepat. Hanya kurang lebih 6 jam, para atlet dayung yang satu timnya terdiri dari 8 orang diperkiran sudah sampai di garis finis.


Dalam pembukaan acara tersebut, turut hadir Anggota komisi I DPR RI Effendi Simbolon, Irjenal Laksda TNI Dwi Widjajanto, Koorsahli Kasal laksda TNI deddy muhiba, Kadis penal Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, Pangdam ll SWJ mayjen TNI A.M. Putranto, Kapolda Lampung Irjen Suntana, Danrem 043/Gatam Kolonel Inf. Hadi Basuki, Danbrigif 3 Marinir Kolonel Mar. Umar Farouq, KS Kormar, Komandan Pasmar-1, Komandan Pasmar-2, Dandenma Mabesal, Para Asisten Dankormar, Para Dankolak di jajaran Korps Marinir, Dan Lanal Lampung Kolonel Laut P. Kelik Haryadi  dan perwakilan atas pertahanan dari beberapa Negara. (acw)


Leave a Comment