Kebakaran Lahan di Balikbukit Tidak Sampai Meluas

img
Lahan di lereng bukit yang terbakar. Foto. Rsp.

MOMENTUM, Balikbukit--Setelah sekitar satu jam, Unit  Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) berhasil memadamkan kebakaran lahan di Sukamaju, Kelurahan Waymengaku, Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Minggu, (18-8-2019).

Lahan semak belukar dan rumpun bambu sekitar satu hektare itu,  sengaja dibakar warga setempat untuk bercocok tanam. Lokasi kebakaran berada di tempat pemakaman umum Sukamaju. 

Ahmad Nasai, Komandar Regu (Danru) Damkar, mengatakan api berhasil dipadamkan sebelum merembet ke pemukiman. Proses pemadaman juga cukup sulit karena lokasi berada di lereng tebing.

"Kami mendapat informasi lahan terbakar dari warga sekitar, dan kami langsung menuju lokasi," katanya.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, tidak sampai merembet ke pemukiman masyarakat karena berhasil dipadamkan oleh satuan pemadam kebakaran dengan menerjunkan satu unit mobil  berkapasitas 2000 air serta bantuan TNI,  Satpol PP dan warga.

Kebakaran lahan tersebut selain  merusak puluhan rumpun bambu yang berfungsi mehan longsor juga merusak tanaman tomat yang berada di samping lokasi kebakaran.

Rodani (40) warga Sukamaju, diamankan petugas TNI karena sengaja membakar lahan untuk mempermudah pembukaan lahan untuk pertanian. Karena tidak tentang larangan membakar lahan saat kemarau, Rodani diminta membuat pernyatan tidak akan mengulangi perbutannya. (rsp).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos