Gubernur Harap Peringatan HKN Bermanfaat Bagi Masyarakat

img
Sekprov Lampung Fahrizal Darminto saat membacakan sambutan Gubernur Arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi berharap peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2019 bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Lampung.

Hal itu disampaikan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto yang membacakan sambutan gubernur saat puncak peringatan HKN ke-55 di Balai Keratun, Senin (18-11).

Fahrizal mengatakan HKN kali ini mengambil tema "Generasi Sehat, Indonesia Unggul". Artinya, kesehatan berkontribusi dalam peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM).

"Tema yang diangkat sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat," tuturnya.

Dia menyebut pembangunan kesehatan sebagai pelaksanaan amanat Undang-undang Dasar 1945 telah mencapai hasil yang menggemberikan.

"Pembangunan kesehatan telah berkontribusi dalam pembangunan manusia. Terbukti dengan meningkatnya IPM dan usia harapan hidup," kata Fahrizal membacakan sambutan gubernur.

Selain itu, menurut dia, Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) juga telah meningkat pada tahun 2018.

"Ini adalah bukti nyata bahwa capaian kesehatan selama lima tahun terakhir telah meningkat. Anntara lain, menurunnya stunting, angka kematian balita dan ibu serta neonathal," terangnya.

Karena itu, diharapkan HKN 2019 dapat memiliki manfaat bagi masyarakat Lampung. Khususnya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Saya berharap rangkaian HKN dapat bermanfaat bagi masyarakat. Menyosialisasikan program-program demi Indonesia sehat. Khususnya Lampung sehat berjaya," sebutnya.

Dia mengimbau kepada seluruh jajaran kesehatan untuk fokus dalam penanggulangan masyarakat miskin.

Diharapkan juga jajaran kesehatan se-Provinsi Lampung mampu berkoordinasi dengan lintas sektor, pemberdayaan masyarakat, organisasi masyarakat serta mitra swasta.

"Sehingga akan memudahkan dalam melaksanakan program-program ksehatan guna kesejahteraan masyarakat," tuturnya. (adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos