12 Gapoktan di Lamtim Terima Bantuan

img
Zaiful Bokhari. Foto. Rif.

MOMENTUM, Sukadana--Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kembali memberikan bantuan kepada petani. Kali ini, 12 gabungan kelompok tani (Gapoktan) menerima bantuan bibit dan peralatan pertanian (alsintan).

Bantuan itu diserahkan Bupati Lampung Timur (Lamtim) Zaiful Bokhari pada Rapat Koordinasi Program Pembangunan Pertanian Tahun 2020 yang berlangsung di Aula Islamic Center Sukadana, Kamis (9-1-2020).

Bantuan itu antara lain berupa bibit kelapa dalam, bibit lada, bibit kakao sambung pucuk, combine harvester besa, cultivator, cron sheller, traktor roda empat, traktor toda dua, alat penggiling pupuk organik), pompa air, hand sprayer dan power threser. 

Selain itu, juga pemberian tali asih kepada 12 pegawai negeri sipil purna bakti, terdiri dari 9 penyuluh pertanian dan 3 PNS Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Perkebunan.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikuktura Lamtim David Ariswandi menyampaikan, rapat koordinasi ini untuk menyinkronkan gerak langkah penyuluh dan petani.

Sementara Zaiful menjelaskan, Kementerian Pertanian membuat Rencana Aksi Program Jangka Menengah (2020 – 2024) yakni pemanfaatan KUR (kredit usaha rakyat) Rp50 triliun pertahun, peningkatan produksi minimal tujuh persen per tahun, efesiensi biaya produksi, pengusaha pertanian millenial Rp2,5 juta orang, dan pemetaan lahan utama.

Program jangka menengah Kementerian Pertanian itu sudah sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Lampung Timur tahun 2016 – 2021. (rif).



Leave a Comment