Cegah Pencemaran, PT PCAP Kelola Limbah dengan Sistem Disposalagar

img
PT Pokphand Central Avian Pertiwi. Foto: dok. H-momen

Harianmomentum-- Tak dipungkiri saat ini, masih banyak perusahaan (pabrik) yang mengabaikan faktor kelestarian lingkungan dalam     proses pengolahan limbah. Namun, hal tersebut tidak  berlaku bagi mangemen PT Pokphand Certral Avian Pertiwi (PCAP) V.

 

Perusahaan ternak  ayam petelur yang berlokasi di Dusun Kubanghandak, Desa Canggu, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) itu akan menerapkan sistem  Disposalagar dalam proses pengolahan limbah.

     

“Dengan sistem Diposalagar ini, limbah pabrik kita lebih ramah lingkungan. Limbah tidak lagi menimbulkan  bau tidak sedap,” kata Herman Humas PT PCAP  V pada kontributor harianmomentum.com, Selasa (14/3).

 

Menurut dia,  penggunaan sistem disposalagar itu juga sebagai jawaban atas keluhan  Masyarakat sekitar pabrik yang sebelumnya terganggu dengan baut tidak sedap  dari hasil pengolahan limbah perusahaan tersenbut .

 

Herman menjelaskan, di perusahaan tersebut  setiap harinya banyak ayam petelur yang mati dan harus dimusnahkan. Dengan sistem disposalagar, bangkai ayam akan dilebur. 

 

“Sehari bisa 10 sampai 20 ekor ayam yang mati. Bangkai ayam itu dilebur dengan sistem Disposalagar dan tidak menimbulkanm,” terangnya.

 

Herman juga mengungkapkan, pola baru peleburan limbah perusahaan itu akan segera digunakan dalam waktu dekat. 

 

“Mudah-mudahan bulan  depan, sistem pengolahan limbah ini  sudah bisa kita terapkan,” harapnya.

 

Sebelumnya, masyarakat RT 13, RW 006 Dusun Kubanghandak, Desa Canggu mengeluhkan bau tidak sedap dari proses pembakaran limbah ayam petelur yang mati di perusahaan tersebut. (red)

 






Editor: Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos