Corona di Lampung Lagi Istirahat

img
Agung DW, Wartawan Harian Momentum

MOMENTUM--Mungkin banyak yang penasaran, kenapa jumlah pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Lampung, sudah lima hari stagnan.

Sejak 8 Mei lalu, jumlah pasien positif masih bertengger diangka 66.

Tentu kabar ini sangat baik untuk masyarakat, karena tidak ada penambahan pasien. Mungkin corona lagi istirahat.

Apalagi, dalam lima hari ini pasien yang sembuh justru bertambah empat orang. Tanggal 8 Mei kemarin, jumlahnya masih 18 orang. Sekarang sudah 22 pasien yang sembuh.

Tapi, jangan senang dulu. Karena yang istirahat itu bukan virusnya. Tapi aktualisasi data pasien.

Sebab, alat PCR (polymerase chain reaction) di Palembang Sumatera Selatan sedang rusak. Makanya, sudah beberapa hari ini belum ada hasil konfirmasi terhadap swab dari Lampung yang sudah dikirim ke sana.

Kita belum tahu nantinya bakal nambah berapa, kalau alat PCR di Palembang sudah diperbaiki. Secara nasional saja, hari ini ada penambahan 484 orang dan yang meninggal 16 pasien.

Artinya masih ada kemungkinan kasus positif corona di Lampung masih bertambah. Bisa jadi langsung banyak nambahnya lho.

Ini sih bukan untuk membuat masyarakat panik. Tapi, untuk sekedar mengingatkan. Jangan sampai terlena karena melihat data stagnan itu.

Kita harus tetap menjaga jarak fisik dan pakai masker kalau ke luar rumah. Tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Kalau ada yang baru pulang dari luar daerah atau negeri, lebih baik diam di rumah dululah. Kita harus sedikit bersabar, demi kebaikan bersama.

Itu pun kalau mau masalah ini cepat selesai dan bisa beraktifitas seperti semula. Semua tergantung anda, bukan orang lain.

Boleh tenang, tapi tetap harus waspada.Supaya tidak adalagi penambahan kasus-kasus baru. Ini hanya saran sih, bukan kewajiban. (*)

Oleh: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Berita Terkait

Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos