Politisi PKS Ajak Warga Mengelola Sampah Rumah Tangga

img
Politisi asal PKS, Sidik Efendi berfoto bersama warga usai melakukan sosialisasi peraturan daerah. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Anggota DPRD Kota Bandarlampung Sidik Efendi mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam pengelolaan sampah di Bandarlampung.

Hal tersebut dikemukakan Sidik saat melakukan sosialisasi peraturan daerah nomor 5 tahun 2015 tentang pengelolaan sampah, di kelurahan Waydadi Baru, Sukarame, belum lama ini.

Menurut Sidik, masih banyak masyarakat yang belum melakukan pemilahan sampah sebelum dibuang.

“Sampah organik dan non organik dijadikan satu begitu saja.  Bahkan terkadang ada juga yang membakar sampah plastik bersamaan dengan jenis sampah lainnya,” kata dia melalui pesan whatsapp yang diterima harianmomentum.com, Selasa (28-7).

Namun sebenarnya ini tidak aman bagi kesehatan dan lingkungan di sekitar karena menghasilkan asap putih beracun.

Tujuan pengelolaan sampah yang benar adalah untuk membuat sampah punya nilai ekonomi atau mengubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan.

“Dengan pengelolaan sampah rumah tangga yang benar, kita dapat membantu untuk menekan dampak negatif sampah terhadap lingkungan. Idealnya, sampah sudah dipilah mulai dari tingkat rumah tangga. Namun faktanya belum banyak yang melakukan hal itu," kata politisi asal PKS itu.

Tidak hanya memilah sampah sendiri, masyarakat juga diajak untuk meminimalkan produk sampah, bahkan mampu mendaur ulang limbah rumah tangga.

“Salah satu contoh langkah sederhananya dengan mengurangi penggunaan sedotan dan gelas plastic,” jelasnya.

Suhendri, salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan peraturan yang dibuat oleh pemerintah itu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, dan kualitas lingkungan hidup, serta menjadikan sampah sebagai sumber daya.

“Sesuai aturan perundangan, konsep pengelolaan sampah adalah 3R yakni membatasi (reduce), guna ulang (reuse), dan daur ulang (recycle),” sebutnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos