Menag Dukung Pemprov Wujudkan Embarkasi Haji

img
Menag RI Fachrul Razi saat kunjungan kerja ke Lampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung untuk menjadikan Bandara Radin Inten II sebagai embarkasi haji pada 2021.

Fachrul mengatakan sangat mendukung terwujudnya embarkasi haji, namun akan dilihat terlebih dahulu syarat-syaratnya.

"Saya sangat mendukung Gubernur Lampung untuk embarkasi haji. Tapi nanti akan kita lihat dulu syarat-syaratnya," kata Fachrul saat kunjungan kerja di Asrama Haji Rajabasa Bandarlampung, Selasa (11-8-2020).

Menurut dia, ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan untuk embarkasi haji. Antara lain: izin prinsip yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi dan instrumen landing system (ILS) dari Kementerian Perhubungan.

"Ini akan coba kita benahi bersama. Misalnya kita kontak nanti dengan Arab Saudi. Kemudian saya kordinasi dengan Mentri Perhubungan apa saja yang sudah memenuhi syarat dan apa yang belum," jelasnya.

Sementara, Gubernur Arinal Djunaidi mengatakan, sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi persyaratan embarkasi haji.

Karena itu, Arinal berharap Menag RI bisa mendukung Lampung untuk embarkasi haji pada 2021.

"Pak Menteri mohon bantuan dan dukungannya. Karena rakyat bapak di Lampung ini sudah tidak sabar lagi mau berangkat haji dari Bandara Radin Inten," jelas gubernur.

Gubernur menyebut, dengan terwujudnya emberkasi haji penuh, maka perjalanan ibadah haji akan menjadi lebih efektif dan efisien. Terutama biaya ongkos transit daerah (OTD) bisa diminimalisir.

"Semoga saja Pak Menteri dapat membawa tujuh ribu jemaah haji Lampung langsung ke Saudi Arabia," harapnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos