Operasi Pengaman Pilakda, Polda Libatkan 41.026 Personel Gabungan

img
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Polda Lampung gelar Operasi Mantap Praja Krakatau 2020 untuk menyambut pemilihan kepala daerah (pilkada) di delapan kabupaten/kota di Lampung.

Delapan daerah yang menggelar pesta demokrasi yakni, enam kabupaten: Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Waykanan, Pesawaran, dan Kabupaten Pesisir Barat. Serta, Kota Bandarlampung dan Metro. 

Polda Lampung juga melakukan Latihan Pra (Latpra) Operasi Mantap Praja 2020 yang dipimpin Wakapolda Lampung Brigjen Pol Sudarsono di Graha Wiyono Siregar Polda Lampung pada Senin (7-9-2020).

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, penyelenggaraan operasi ini dalam rangka mengamankan pilkada serentak 2020. 

"Kegiatan ini kita mengedepankan preemtif, dan preventif juga didukung oleh kegiatan Satuan Tugas Daerah (Satgasda) sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman, tertib, lancar, damai, dan sejuk dengan tetap menggunakan protokol kesehatan Covid-19," ungkap Pandra.

Pandra menuturkan, operasi ini akan dilaksanakan sejak 3 September hingga 31 Desember 2020 dengan melibatkan 41.026 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, dan Linmas.

"Rinciannya, Polri 6.090 personel, TNI 520 personel, sedangkan Linmas 34.416 personel," kata Pandra. 

Berdasarkan hasil pemetaan Polda Lampung, ada 10.675 tempat pemilihan suara (TPS) di pilkada serentak tahun 2020. Dari jumlah TPS tersebut, memiliki tingkat kerawanan yang berbeda-beda. 

"Kategori aman ada 10.406 TPS, rawan 196 TPS, sangat rawan 46 TPS, lalu ada kategori khusus itu 28 TPS," bebernya. 

Pandra berharap, dalam pelaksanaan Operasi Mantap Praja Krakatau 2020 ini dapat terselenggara secara baik di masa adaptasi kebiasaan baru Covid-19. 

"Untuk mencapai tujuan tersebut, operasi ini dilaksanakan dengan tindakan kepolisian dengan tetap mengedepankan tindakan humanis serta memperhatikan protokol kesehatan dengan mengutamakan faktor keselamatan baik petugas maupun masyarakat," katanya. (*).

Laporan: Irawidya.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos