Dipimpin Loekman Djoyosoemarto, Lamteng BERHASIL Turunkan Angka Kemiskinan

img
Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto.

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejak dua tahun kepemimpinan Bupati Loekman Djoyosoemarto, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) BERHASIL menurunkan angka kemiskinan yang ada di daerah setempat.

Bukan tanpa alasan, sejak dua tahun terakhir angka kemiskinan di Lamteng mengalami penurunan sebesar 0,59 persen atau dari 12,62 persen menjadi 12,03 persen pada tahun 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Lamteng Ir Nila Kelana kepada harianmomentum.com, Kamis (24-9-2020).

"Penurunan signifikan ini tidak lepas dari upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng yang dipimpin oleh Bapak Loekman Djoyosoemarto dalam menurunkan angka kemiskinan sehingga menunjukkan keberhasilan," ujar Nila.


Dia melanjutkan, angka tersebut merupakan penurunan yang paling signifikan dalam lima tahun terakhir di Kabupaten Lampung Tengah. "Penurunan itu juga menjadi terbaik ketiga dari 14 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung," ujarnya.

Masih menurut Kadis Kominfo Lamteng, Bupati Loekman juga berhasil mempertahankan posisi angka kemiskinan di daerah setempat lebih rendah dari rata-rata wilayah se Provinsi Lampung.

Keberhasilan Bupati Loekman juga dapat dilihat dari menurunnya jumlah penduduk  miskin pada tahun 2018 sebanyak 160.120 jiwa menjadl 153.840 jiwa di tahun 2019, atau berkurang sebanyak 6.280 jiwa. 

Dengan pencapaian tersebut menjadikan Kabupaten Lampung Tengah sebagai daerah dengan  penurunan jumlah penduduk miskin paling banyak di Lampung, sehingga berkontribusi sebesar 18,8 persen penurunan penduduk miskin d1 Provinsi Lampung dari kurun waktu 2018-2019.

Selain keberhasilan dalam pengentasan kemiskinan, Bupati Loekman juga berhasil membawa Kabupaten Lamteng untuk pertama kalinya meraih 'Predikat Tinggi' Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang dirilis oleh BPS Provinsi Lampung tahun 2020.

Hasil itu menjadikan satu-satunya kabupaten di Provinsi Lampung yang berhasil meralh predikat tersebut.

Indek Pembangunan Manusia menjadi indikator penting dalam keberhasilan pembangunan daerah. Dengan mengacu dari IPM, menunjukkan bahwa derajat penduduk Kabupaten Lamteng dalam mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, dan pendidikan semakin membaik.

Nila menambahkan, satu hal lagi yang menjadi keberhasilan dari kepemimpinan Bupati Loekman adalah meningkatnya lndek Desa Membangun (IDM) di Kabupaten Lampung Tengah.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Tahun 2020, Kabupaten Lampung Tengah berhasil meningkatkan  beberapa status desa ke jenjang yang lebih baik.(**)

Hal tersebut sebagaimana tercermin dari data sebagai berikut:

Laporan/Editor: rilis/Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos