Popularitas dan Elektabilitas Dendi-Marzuki Unggul

img
Data hasil survei LIS atas elektabilitas paslonkada pada Pilkada Pesawaran 2020.//ist

MOMENTUM, Gedongtataan--Popularitas dan elektabilitas pasangan calon kepala daerah (paslonkada) Pesawaran, Dendi-Marzuki mengungguli M Nasir- Naldi Rinara.

 

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dirilis Lampung Independent Survei (LIS), Selasa (20-10-2020).

Direktur Eksekutif LIS, Erwin Syahrir menyebut M Nasir-Naldi Rinara dipilih oleh 15,56 persen responden, sementara Dendi Ramadhona- Marzuki mendapatkan 46,88 persen. Sedangkan 37,57 persen responden belum menentukan pilihan.

"Ya, itu hasilnya, kita independen dan tidak ada tendensi apapun dalam melakukan survei. Pesawaran hanya satu dari delapan wilayah di Lampung yang kita lakukan survei," kata dia melalui sambungan telepon,

Menurut dia, Dendi masih sangat populer di masyarakat Pesawaran. Itu karena eksistensinya selama kurun empat tahun menjabat sebagai bupati kabupaten setempat.

"Apa pun bisa terjadi dalam politik, namun dari hasil survei memang selisihnya agak jauh. Kita agendakan tiga sampai empat kali survei lagi hingga quick count nanti," jelasnya.

Ditambahkannya, dari kuisioner yang diberikan kepada responden, ketokohan calon menjadi alasan kuat masyarakat dalam memilih petahana Bupati Pesawaran.

"Kalau kita lihat hasil di kami, partai politik hanya 23,11 persen dalam memengaruhi pemilih. Sisanya merupakan ketokohan calon tersebut dan pergerakan tim sukses dalam sosialisasi ke masyarakat dibawah," tambahnya.

Dia juga mengatakan, kontestasi Pilkada Pesawaran menjadi tugas berat bagi masing-masing paslon.

 

Sebab pandemi Covid-19 menjadi salah satu tantangan dalam merumuskan strategi kampanye.

"Margin of error (tingkat kesalahan, red) dua persen dalam metode survei yang kita pakai, artinya akurasi sudah sangat baik. Itulah hasil survei kami yang kami serap dari masyarakat," terangnya.(**)

Laporan: Rifat Arif 

Editor: Agung Chandra W






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos