Lampung Segera Bangun Bank Pakan

img
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Lili Mawarti (tengah) saat memberikan bimbingan teknis.

MOMENTUM, Bandarlampung--Provinsi Lampung akan membangun Bank Pakan guna menunjang program Seribu Desa Sapi di Lampung Selatan. 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Lili Mawarti menjelaskan Bank Pakan itu merupakan pilot project (proyek percontohan) di Indonesia bersama dengan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Alhamdulillah, Lampung sekali lagi mendapat kegiatan pilot project tahun ini berupa Bank Pakan. Sumber dananya berasal dari Direktorat Jenderal (Dirjen) PKH Kementerian Pertanian RI," kata Lili kepada harianmomentum.com, Rabu (11-11-2020).

Dia menerangkan Bank Pakan itu untuk mendukung program Pengembangan Seribu Desa Sapi yang hanya di lima provinsi: Lampung, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Menurut dia, ada beberapa tujuan dari program tersebut. Antara lain: membentuk kelembagaan usaha pakan. Lalu mengoptimalisasikan pemanfaatan bahan pakan lokal.

"Melakukan pengolahan, pengawetan dan penyimpanan pakan secara berkelanjutan. Terakhir untik mengoptimalisasikan pemanfaatan peralatan dan teknologi pengolahan pakan," tuturnya.

Dia menyebutkan, lokasi Bank Pakan itu berada di Kelompok Sudimakmur III Desa Sidomukti Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan.

Untuk kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain renovasi gudang pakan dan bimbingan teknis. "Sedangkan untuk pengadaan alat-alat olahan pakan masih dalam proses," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya Bank Pakan itu bisa menghasilkan pakan ternak yang berkualitas dari pemanfaatan limbah pertanian atau perkebunan. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos